Lokal


Selasa, 07 Februari 2023 17:47 WIB

Pangkalpinang

Ada Aroma Busuk Pungli di Lingkaran Walikota?

Ilustrasi pungutan liar (foto: net)


Aliansi Pemuda Pangkalpinang menyoroti adanya dugaan pungutan liar (pungli) mengenai penerimaan tenaga non-ASN atau tenaga kontrak (honorer) di Pemerintahan Kota Pangkalpinang.
______

Penulis: Aliansi Pemuda Pangkalpinang
Editor: Putra Mahendra


[RELEASE] - Aliansi Pemuda Pangkalpinang berencana akan menempuh jalur hukum terhadap adanya dugaan salah satu oknum ajudan Walikota Pangkalpinang yang diduga melakukan pungli (pungutan liar) penerimaan tenaga honorer. Demikian release yang diterima, Selasa (7/2/2023).

Dari release yang masuk ke meja redaksi, ada isu tak sedap yang sedang beredar di kalangan masyarakat, yang menyeret-nyeret salah seorang oknum ajudan Walikota Pangkalpinang, berinisial M.

Ketua Aliansi Pemuda Pangkalpinang Salman Ahda Ferdian dalam keterangan release-nya mengatakan, jika benar ada oknum yang mematok biaya masuk tenaga honorer, itu jelas masuk kategori pungutan liar (Pungli).

“Kita dapat informasi adanya warga diminta uang Rp 15 juta- 25 juta untuk biaya masuk tenaga honorer," kata Salman dalam keterangan release.

Aliansi Pemuda Pangkalpinang sangat menyayangkan adanya dugaan pungutan liar (pungli) di lingkungan Pemerintahan Kota di Pangkalpinang itu.

Salman menambahkan, pihaknya sudah beberapa kali menghubungi oknum ajudan yang dimaksud, namun tidak direspon. Dalam release tersebut juga disertakan bukti screenshoot aliansi yang mencoba meminta klarifikasi namun tak mendapat jawaban.

“Kalau semua itu tidak benar, ADC walikota harus berani melakukan klarifikasi ketika ditanya warga soal dugaan pungli itu. Ini direspon juga tidak ada sampai sekarang,” sesalnya.

Ia juga menjelaskan, aduan masyarakat soal dugaan pungutan liar yang dilakukan oknum ajudan walikota itu berdasarkan bukti-bukti.

“Kami masih mengumpulkan lebih banyak bukti-bukti soal dugaan pungli, mungkin dalam waktu dekat kita tempuh jalur hukum," tegasnya.

M membantah isu tersebut

Babelinsight.id berusaha meminta konfirmasi kepada yang bersangkutan melalui pesan singkat WhatsApp sekitar pukul 17.05 WIB, dengan isi sebagai berikut, "Sore bro. Dari babelinsight.id.
Mau konfirmasi soal release dari Aliansi Pemuda Pangkalpinang soal dugaan Pungli yg kebetulan ada nama bro di dalamya. Betulkah ada dugaan pungli yg melibatkan bro M?".

Dan M menjawab bahwa berita tersebut tidaklah benar.

"Maaf sebelum boss. Itu berita gak benar".


Baca juga:


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur