Lifestyle


Selasa, 13 Juli 2021 16:31 WIB

Kurangi Risiko Penyakit Hati, Yuk Minum Kopi..

Kopi sering digunakan sebagai alternatif penghilang kantuk, terutama ketika menjalani aktivitas seperti bekerja. Namun, banyak informasi beredar yang menjelaskan betapa tidak baiknya mengonsumsi kopi bagi Kesehatan. Terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun, dari beberapa penelitian malah menyampaikan, ternyata kopi mempunyai dampak baik untuk kesehatan organ hati atau levermu loh!

Tercatat 2 juta kematian per tahun secara global akibat penyakit hati, setengahnya karena sirosis (kondisi rusaknya organ hati akibat terbentuknya jaringan parut), setengahnya lagi karena hepatitis dan karsinoma hepatoseluler/kanker primer hati (HCC). Informasi ini berdasarkan hasil riset gabungan di Amerika Serikat (AS) dan India pada 2019 yang diberi judul "Burden of Liver Diseases In The World" dalam Journal of Hepatology tahun 2019.

Berbagai faktor penyebab penyakit hati antara lain, obesitas, kebiasaan konsumsi alkohol, hingga memiliki riwayat diabetes. Namun tahukah kamu, ternyata dengan mengonsumsi kopi dapat mencegah seseorang terkena sirosis loh. Hal ini dibuktikan dari studi yang meneliti berbagai manfaat maupun risiko dari konsumsi kopi.

 

Penyakit Lever yang Berbahaya

Hati atau Lever merupakan organ di dalam tubuh yang memiliki peran vital untuk melakukan regenerasi dengan cepat mengganti sel-selnya yang rusak. Akan tetapi, jika sel-sel yang rusak cukup banyak, fungsi dan kerja hati dapat terganggu. Biasanya, fungsi hati akan mulai terlihat penurunannya ketika kerusakan sel-sel hati mencapai 75%. Gangguan ini dikenal dengan penyakit lever. Tak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, penyakit lever juga bisa dialami oleh anak-anak dan bayi.

Penyakit lever sebenarnya sering dianggap sebagai "silent killer". Banyak orang kerap kali tak menyadari bahwa mereka mengalami kondisi lever yang kronis karena gejalanya sulit ditemukan. Karena hal itu, biasanya penanganan terhadap pasien penyakit lever sering mengalami keterlambatan.

 

Kandungan Baik Dalam Kopi Untuk Kesehatan Hati

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di  Journal of Hepatology, mengatakan bahwa kopi bisa mencegah seseorang terkena fibrosis hati. Fibrosis hati ini adalah tahap awal penyakit gangguan hati yang dikenal dengan sirosis. Karena kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi, diyakini mampu melindungi organ hati dari kerusakan.

Institute for Scientidic Information on Coffee (ISIC) juga pernah merilis laporan terbaru tentang efek kesehatan dari mengonsumsi kopi dan kafein kepada organ lever. Mereka percaya bahwa para penikmat kopi dapat mengurangi 40 persen perkembangan kanker lever, serta 70 persen lebih kecil kemungkinan mengalami sirosis atau kerusakan lever yang kronis.

Berdasarkan data penelitian, tingkat enzim hati Gamma-Glutamyl Transferase (GGT) dan Alanine Transaminase (ALT) di dalam lever peminum kopi, menunjukkan angka yang jauh lebih rendah dibanding orang-orang yang menghindari kopi.

 

Seberapa Banyak Takaran yang Baik Mengonsumsi Kopi

Beberapa pakar mengatakan bahwa konsumsi kopi diukur dari kondisi individu, termasuk riwayat penyakitnya. Namun beberapa studi juga mengatakan 3-4 cangkir kopi sehari untuk efek protektif terhadap lever bisa terwujud.

Bagi pasien steatosis non-alkoholik, para pakar merekomendasikan 1-2 cangkir kopi hitam berkafein per hari. Namun mereka yang memiliki masalah perut dan pencernaan harus menyesuaikan asupan kopi dengan tingkat toleransinya. Pasien penyakit jantung dan hipertensi harus menghindari kopi bila dapat memperparah kondisi.

 

Alternatif Pengobatan Selain Kopi

Jika kamu tidak dapat meminum kopi karena kondisi kesehatan, tidak perlu berkecil hati. Ada banyak makanan dan minuman sehat lainnya agar bisa merawat hati. Seperti mengonsumsi makanan berserat, teh hijau, bawang putih, dan lain sebagainya.

Selain itu, barengi dengan gaya hidup sehat seperti istirahat cukup, olahraga, dan minum air yang cukup, ya!

 

AC


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur