News


Sabtu, 05 Juni 2021 14:03 WIB

Si Ajaib Porang: Gaya Baru Nikmati Kudapan Sehat

Banyaknya manfaat porang dalam dunia kuliner tentu saja menjadi salah satu alasan kenapa Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman sangat ingin agar porang ini dapat mendunia, tak hanya bertujuan untuk pemenuhan komoditi di sektor pertanian, tetapi juga untuk memperkenalkan budaya baru dalam menciptakan sumber pangan yang alami, sehat dan sarat manfaat bagi masyarakat luas.

Beragam manfaat dan fungsi porang sudah banyak diketahui masyarakat luas saat ini, salah satunya porang dapat membuat makanan menjadi lebih sehat karena glutten free atau bebas tepung terigu. Tak hanya berhenti di situ saja, Ketika salah seorang pengiat makanan lokal dan Pelaku UKM di Babel, Merinda Haris, mencoba untuk mengulik porang lebih jauh, pengunaan porang tak hanya sebatas menjadikan makanan menjadi glutten free, ternyata porang juga dapat mengantikan peran bahan-bahan sintesis pada makanan. Contohnya pada meses dan bolu.

Cokelat meses sudah sangat umum digunakan dalam dunia kuliner. Penggunaannya tak hanya sebagai taburan/isian makanan tapi juga saat ini berkembang menjadi topping minuman. Sayangnya, banyak dari kita yg masih belum mengetahui komposisi bahan pembuatan meses yang biasa digunakan.

 

Bahaya Konsumsi Bahan Makanan Tak Alami

Menurut Owner Chandi Choc, Merinda Haris, sebagian besar meses memiliki komposisi gula dalam jumlah paling dominan, maka tak heran, rasa dalam meses  cendrung manis  melebihi rasa cokelatnya.

Selain itu, bahan-bahan seperti perisa, pewarna, bahkan wax (pelapis meses agar terlihat mengkilat dan kokoh) kerap digunakan.

Pada umumnya terdapat proses waxing dalam pembuatan meses bertujuan agar meses memiliki warna mengkilat dan tetap kokoh. Namun bahan waxing ini sangat beragam jenisnya, mulai dari harga yang tinggi hingga murah yang banyak dijual di pasaran.  Contohnya jenis Carnauba Wax yang merupakan jenis waxing yang tidak berbahaya bagi kesehatan, namun memilki harga sangat mahal.

Beberapa merek meses lainya menggunakan jenis shellac sebagai waxing nya, atau biasa disebut Confectionery's glaze.  Harga waxing jenis ini cukup terjangkau dan selalu dipakai secara bersamaan dengan pengemulsi/pengembang yaitu morpholine. Apabila orang mengonsumsi convectionary's glaze ini kebetulan mengkonsumsi sayur mayur yang mengandung nitrat tinggi contohnya seledri maka, di dalam tubuhnya bisa terbentuk senyawa karsinogenik penyebab kanker. Bahkan di Jerman confectionary's glaze sudah dilarang.

 

Apa yang membuat porang istimewa?

meses porang

Nah, disinilah keistimewaan porang mulai bekerja, Pada dasarnya proses pembuatan meses sangatlah mudah. Pada pembuatan meses cokelat, kita bisa membuat meses sendiri menggunakan bubuk cokelat asli tanpa tambahan pewarna dan perasa artificial dan tentunya penggunaan glucomanan porang.

proses pembuatan meses porang

Porang yang selama ini kita ketahui hanya berfungsi untuk mengantikan glutten dalam terigu, ternyata dapat berfungsi untuk memberi bentuk pada meses yang menyebabkan mese tidak mudah hancur dan mudah untuk dibentuk. Mengapa demikian? Glucomanan porang bersifat menyerap air membuat adonan tetap kokoh dan tidak berubah bentuk saat dicetak.

Ajaibnya, porang memberikan warna meses yang mengkilat secara alami, sehingga tidak dibutuhkan proses waxing agar warnanya lebih menarik dan mengkilat, sehingga dengan menggunakan porang, biaya produksi juga bisa menjadi lebih murah. Bisa dibayangkan, keuntungan yang didapatkan selain pengunaan bahan-bahan alami, hasil produk yang berkualitas, tentunya dengan harga terjangkau.

Tak hanya itu saja, dalam pembuatan kue jenis bolu banyak sekali pemula dalam dunia kuliner yang membuat kue ini dan mengalami kegagalan terutama dalam membentuk kue menjadi kokoh akhirnya mereka mengunakan pengembang kue agar ke tidak “bantet”, namun penambahan pengembang sintetis pada adonan kue juga dapat memberikan aftertaste yang berbeda. Sebenarnya salah satu emulsifier alami adalah kuning telur. Tapi tentu pengunaan jumlah kuning telur yang banyak akan menambah biaya produksi. Setelah berekspolari dengan porang, Merinda menemukan fakta bahwa porang dapat menjadi emulsifier/pegembang alami   dalam pembuatan cake tanpa terigu, porang berfungsi untuk mengokohkan kerangka kue. Adonan kue yg menggunakan porang terbukti tidak mudah turun karena daya ikat porang.

porang yang sudah dicampur dengan air

Setelah menceritakan banyaknya manfaat dari porang, tentunya tidak lengkap jika tidak berbagi resep untuk pembaca setia Babel Insight yang ingin bereksplorasi dengan porang.

Resep Bolu Coklat Porang

Bahan :

5 butir telur

150gr gula

70gr butter

50gr Dark Chocolate Candu

35gr tepung sorgum

15gr maizena

25gr bubuk cokelat Candu

1/8sdt glucomanan porang

1/8sdt xhantan gum

Cara membuat :

1. Campur dan ayak tepung sorgum, maizena, bubuk cokelat, glucomanan porang dan xhantan gum

2. Lelehkan butter dan dark chocolate dengan cara di tim, aduk hingga rata

3. Mixer gula dan telur hingga mental

4. Masukkan bahan-bahan kering di nomor 1, aduk perlahan hingga rata

5. Masukkan bahan basah di nomor 2, aduk perlahan hingga rata

6. Tuang dalam loyang, oven hingga matang.

7. hias dengan toping coklat lumer, dan meses porang diatasnya

Selamat Mencoba

 

Gusti Neka


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur