News


Kamis, 24 Oktober 2024 13:44 WIB

Erzaldi Rosman

Kembali Temukan Permasalahan Lahan Kebun, Apa Langkah Erzaldi untuk Warga Lingkungan Ake?

Erzaldi melanjutkan kampanye di Kabupaten Bangka dengan lokus di Lingkungan Ake, Kelurahan Sinar Jaya/Foto: Babelinsight.id

Erzaldi juga memberi peringatan tegas agar warga tidak menjual lahan mereka setelah masalah ini terselesaikan.

-----
Penulis : Tedja Wahana
Editor: Nekagusti

Pada kampanyenya di Lingkungan Ake, Kelurahan Sinar Jaya, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (24/10), Erzaldi Rosman, calon Gubernur Kepulauan  Bangka Belitung dari pasangan BERAMAL, membahas salah satu masalah paling mendesak di daerah itu, yaitu Lahan kebun warga yang berada di kawasan Hutan Produksi (HP). 

Menurut Erzaldi, lahan masyarakat yang terbagi antara HP yang berada di bawah izin PT Inhutani dan HP murni, keduanya menimbulkan tantangan besar bagi warga setempat.

"Kebun bapak-ibu banyak di kawasan Hutan Produksi. Kalau di kawasan PT. Inhutani, masalahnya lebih rumit karena itu kita juga harus meminta izin pengelolaannya kepada perusahaan," jelas Erzaldi di depan ratusan warga yang hadir. 

Namun, ia menegaskan bahwa dirinya akan memfasilitasi bersama pemerintah untuk menangani masalah Reforma Agraria ini, sehingga bisa dipercepat penyelesaiannya. Erzaldi menyebut bahwa aspirasi penyelesaian masalah ini akan segera ia bawa ke pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo. 

Dalam dialog dengan warga, permasalahan lahan kebun masyarakat yang menjadi tantangan/Foto: babelinsight.id

"Pak Prabowo sangat peduli dengan masyarakat," katanya. 

Erzaldi berencana untuk mendata semua lahan milik warga secara rinci, termasuk koordinat lokasi kebun mereka. 

"Kita akomodir semua masyarakat, ini anggaplah sebagai ibadah. Saya paham pekerjaan ini berat, tapi kalau kita kerja bersama, masalah ini bisa diselesaikan," ujarnya.

Di Lingkungan Ake sendiri, terdapat lebih dari 480 kepala keluarga yang terlibat dalam masalah lahan ini. Ia juga menekankan pentingnya memprioritaskan kebun masyarakat terlebih dahulu sebelum menyelesaikan masalah rumah yang juga berada di kawasan HP. Menurutnya, langkah ini akan lebih efektif dan realistis dalam jangka pendek. 

"Yang paling baik adalah mengurus kebun kita dulu," tegas Erzaldi. 

Ajakan Erzaldi Agar Masyarakat Tetap Optimis

Di sisi lain, Erzaldi mengingatkan warga untuk tetap optimis. 

"Jangan merasa lelah atau pesimis, kita harus optimis. Jika kita optimis, semangat kita juga akan terus beriring," tuturnya dengan penuh keyakinan.

Semangat keoptimisan itu untuk menjawab tantangan kondisi ekonomi Bangka Belitung yang saat ini menurutnya jauh berbeda dibandingkan saat ia menjabat sebagai gubernur. 

Erzaldi memfasilitasi masyarakat dan pemerintah sebagai solusi menemukan cara penyelesaian lahan warga/Foto: babelinsight.id

"Dulu, pertumbuhan ekonomi kita 5,5 persen, tertinggi di Sumatera, dan terbaik ketiga di nasional. Namun sekarang, kondisi perekonomian Bangka Belitung sedang mengalami penurunan," ungkapnya.

Oleh karenanya, ia mengajak masyarakat untuk optimis, bersama-sama mengembalikan kejayaan ekonomi Bangka Belitung seperti dulu lagi.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur