News


Kamis, 24 Oktober 2024 08:14 WIB

Erzaldi Rosman

Senyum Erzaldi dan Pesona Yuri di Panggung Debat

Erzaldi dan Yuri Kemal, Paslon nomor urut 01 atau paslon BERAMAL menunjukkan pesona mereka di atas panggung debat yang diselenggarakan KPUD Babel sebagai rangkaian dari Pilkada serentak 2024/foto: babelinsight.id

Mungkin ada ratusan ribu pasang mata yang menyaksikan Debat Publik I Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2024 yang digelar KPUD Babel, di salah satu hotel di Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Rabu (24/10/2024). Dan dari situ masyarakat berhak menilai, paslon mana yang paling siap dan mana yang siap ala kadarnya.
_____

Penulis: Putra Mahendra
Editor: Nekagusti


Acara debat sendiri memang molor dari jadwal yang telah ditetapkan. Harusnya mulai pukul 20.00 WIB, terpaksa baru digelar di pukul 21.30 WIB. Itu dikarenakan pihak broadcaster belum menyelesaikan live debat Pilgub NTT. 

Namun kendati begitu, ratusan pendukung paslon nomor urut 1, Erzaldi Rosman-Yuri Kemal, dan pendukung paslon nomor urut 2, Hidayat Arsani-Helyana tetap setia di ballroom tempat debat digelar. Mereka tetap semangat. Beradu yel-yel, dan sesekali berbalas pantun. Suasana yang asyik dan hangat. Apalagi ditambah tari sambut sebagai penanda acara debat dimulai, turut memberi rasa nyaman di ruangan.

Sekitar pukul 22.00 WIB usai Ketua KPUD Babel, Husin. SPd membuka gelaran debat perdana, Calon Gubernur dari nomor urut 1, Erzaldi Rosman dan wakilnya Yuri Kemal diberikan kesempatan pertama menyampaikan visi misi mereka.

“Saya berterimakasih kepada masyarakat Bangka Belitung atas berbagai kolaborasi yang sudah kita lakukan selama ini, karena berkat sinerji antara pemerintah dan masyarakat di periode pertama kami, Bangka Belitung bisa menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi yang baik,” Erzaldi mengawali.

Keakraban dan kekompakan Erzaldi-Yuri yang merupakan dua orang berbeda generasi, diharapkan mampu menjadi jembatan penyeimbang antar-generasi dalam pemerintahan berikutnya/foto: babelinsight.id

Di kesempatan itu juga, Erzaldi mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang sudah dilantik. Dan, ucapan selamat itu adalah dasar Paslon 01 untuk bersinerji kembali dengan pemerintah Pusat dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat Babel.

“Sebagai calon pilihan Pak Prabowo, kami akan mengawal beberapa program dan seluruh program yang dilakukan oleh Pak Prabowo,”

Erzaldi Rosman

Program itu, seperti, makan gratis bergizi dan akan ditambah oleh Paslon 01 dengan program pelayanan bus gratis bagi para siswa SMA.

Karena BERAMAL ujar Erzaldi, ingin terus mendorong akses pendidikan tinggi yang seluas-luasnya untuk anak-anak Bangka Belitung.

“Maka kami berkomitmen dalam program seratus hari kerja, kami akan memberangkatkan siswa untuk studi dan pelatihan ke luar negeri,” ujar pasangan Yuri Kemal itu.

Juga akan ada program beasiswa berprestasi bagi yang tidak mampu, yang akan terus mereka tingkatkan, agar bisa masuk kuliah di universitas yang ada di Indonesia, maupun di luar negeri.

Hal tersebut masih kata Erzaldi, untuk mengurangi beban hidup masyarakat di bidang pendidikan.

Di bidang ekonomi, akan ada diversifikasi ekonomi (proses mengalihkan perekonomian dari satu sumber pendapatan ke berbagai sumber dari berbagai sektor dan pasar yang terus berkembang). Pasangan ini berencana meluaskan jangkauan ekonomi dengan mengembangkan sektor-sektor lain di luar industri pertambangan.

“Seperti pengembangan industri pariwisata, industri kreatif, pertanian, UMKM, dan eco-tourism, dan meningkatkan daya saing ekonomi di kawasan regional Sumatera maupun bagian barat Indonesia. Kami akan merencanakan membuat jembatan penghubung Sumatera-Bangka,” ulas Erzaldi.

Erzaldi dan istri, Melati SH menyempatkan diri bertemu, menyapa dan bernyanyi bersama pendukung setia mereka yang berkumpul di depan lobi hotel tempat acara debat digelar/foto: babelinsight.id

Sementara, Yuri Kemal menegaskan, di periode pertama Erzaldi, Bangka Belitung diuji oleh Covid-19 yang mengharuskan semua pihak untuk maklum.

“Maka kami pasangan BERAMAL meminta doa restu kepada masyarakat Bangka Belitung untuk bersama mewujudkan Provinsi Babel yang cerdas, maju, sejahtera berbasis kelanjutan,” tegas putra dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yusril Ihza Mahendra itu.

Debat Perdana oleh KPUD Babel

KPU Provinsi Bangka Belitung menyelenggarakan debat publik pertama untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada 23 Oktober 2024.

Debat itu sendiri berlangsung di Novotel Hotel Bangka dengan tema "Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, Penguatan Demokrasi Lokal, dan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif Menuju Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang Berkualitas dan Berkeadilan."

Dari debat diharapkan menjadi momen penting bagi kandidat untuk mempresentasikan visi dan misi mereka. 

Karena itulah, KPUD Babel menunjuk tujuh panelis berkompeten, antara lain Dr. Darul Arkom, Rektor Institut Pahlawan 12, Prof Zayadi, Guru Besar di IAIN, Dr Irawan, Rektor IAIN, Dr Iskandar, Dekan di IAIN, Dr Iskandar Zulkarnain, Dekan FISIP UBB, Dr. Dwi Hariady dari Fakultas Hukum UBB dan Aidil Akbar, dosen dari Bandung.

Debat dibagi menjadi tiga subtema. Subtema pertama, "Membangun Masyarakat Sejahtera”. Sub tema ini membahas isu kesehatan, pendidikan, dan sosial budaya.

Subtema kedua, "Penguatan Demokrasi Lokal” berfokus pada kohesi sosial dan kesetaraan antar pulau di wilayah Kepulauan Bangka Belitung.  Dan subtema ketiga, "Tata Kelola Pemerintahan” akan menyoroti reformasi birokrasi dan efektivitas pelayanan publik. 

Setiap subtema akan diisi dengan empat pertanyaan, sehingga total ada 12 pertanyaan yang akan diajukan kepada para kandidat.

Untuk diketahui, pelaksanaan debat publik direncanakan sebanyak dua kali. Debat kedua akan diadakan pada 18 November 2024 di Pulau Belitung.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur