News


Sabtu, 05 Oktober 2024 14:39 WIB

Erzaldi Rosman

Erzaldi dan Warga Bintet Bersatu Menjaga Kelestarian Perairan

Erzaldi dukung masyarakat yang perduli dengan kelestarian lingkungan. Foto : babelinsight.id

Sebagian besar warga Bintet yang berprofesi sebagai nelayan khawatir akan dampak buruk dari pertambangan terhadap lingkungan dan mata pencaharian mereka.

-----
Penulis: Friz
Editor: Nekagusti

Dalam kampanye BERAMAL (Bersama Erzaldi-Yuri Kemal) di Dusun Pesaren, Desa Bintet, Belinyu, Kabupaten Bangka, Jumat (04/10/2024), warga menyampaikan penolakan terhadap aktivitas pertambangan di perairan desa mereka. 

"Tolong jangan ada lagi penambangan. Bapak pasti sudah sangat mengerti," ungkap salah satu warga, menyuarakan kekhawatiran masyarakat.

Tampak jajaran para relawan Erzaldi dalam Kampanye BERAMAL di Desa Bintet. Foto : babelinsight.id

Erzaldi Dukung Penolakan Pertambangan Ilegal

Menanggapi aspirasi tersebut, Erzaldi Rosman mengapresiasi warga atas kepedulian mereka terhadap lingkungan. Ia menegaskan bahwa pertambangan di wilayah tertentu harus mengikuti aturan zonasi yang ketat, di mana tidak semua area diperbolehkan untuk dieksploitasi. Ada wilayah yang diperuntukkan bagi sektor pariwisata, perikanan, atau bahkan kawasan konservasi laut yang harus dilindungi.

"Saya mengerti penolakan ini, dan kita harus waspada agar tidak ada kegaduhan di tengah masyarakat. Jika pertambangan yang dilakukan bersifat ilegal, saya sarankan warga bersama perangkat desa melaporkan hal ini secara resmi ke pemerintah kabupaten, provinsi, atau bahkan aparat keamanan," ujar Erzaldi.

Ia juga mengingatkan bahwa izin penambangan berada di bawah kewenangan pemerintah pusat, bukan pemerintah daerah. Meski demikian, masyarakat tetap memiliki peran penting dalam menjaga dan melaporkan setiap aktivitas yang dianggap merusak lingkungan.

Erzaldi jelaskan, salah satu cara menjaga lingkungan dengan memastikan bahwa akrtivitas pertambangan tidak menyalahi aturan zonasi. Foto : babelinsight.id

"Saya juga yakin bahwa wilayah ini termasuk dalam tata ruang kelautan yang tidak boleh dilakukan aktivitas pertambangan karena merupakan kawasan konservasi laut. Aktivitas penambangan di sini akan sangat merusak ekosistem laut," tegas Erzaldi.

Erzaldi berjanji akan bekerja sama dengan pemerintah desa untuk menindaklanjuti laporan warga dan memastikan kawasan perairan tersebut tetap terjaga dari aktivitas yang dapat merusak lingkungan.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur