News


Sabtu, 05 Oktober 2024 14:35 WIB

Erzaldi Rosman

HKM untuk Membangun Ekosistem Perekonomian Warga Bintet

Salah satu warga dalam menghadiri Kampanye BERAMAL (Bersama Erzaldi-Yuri Kemal) mengucapkan terima kaish kepada Erzaldi Rosman yang dulu pernah mendorong terbangunnya HKM Desa. Foto : babelinsight.id

"Kami mengucapkan terima kasih atas apa yang sudah dilakukan Bapak Erzaldi semasa menjabat sebagai gubernur dulu. Masukan dan ide pikiran bapak terkait kelompok HKM (Hutan Kemasyarakatan membawa kemajuan"

Iwan
Warga Desa Bintet-


-------
Penulis: Friz
Editor: Nekagusti

Iwan, seorang warga Desa Bintet, menyampaikan apresiasinya kepada Erzaldi Rosman atas kontribusi dan dukungan selama menjabat sebagai Gubernur Bangka Belitung. Dalam kampanye BERAMAL (Bersama Erzaldi - Yuri Kemal) di Dusun Pesaren, Desa Bintet, Belinyu, Kabupaten Bangka, Jumat (04/10/2024).

“Jalanan sudah bagus, penerangan pun sudah terang benderang,” ungkap Iwan, mengingat masa kepemimpinan Erzaldi yang banyak memberikan perubahan signifikan di desanya.

Namun, Iwan juga menyampaikan kondisi ekonomi warga yang kini mengalami penurunan. “Saat ini, ekonomi masyarakat sangat parah. Hasil tangkapan nelayan pun berkurang, dan kami bingung harus berusaha di mana lagi,” ujarnya.

Erzaldi Rosman dalam Kampanye BERAMAL, tidak bersama Yuri Kemal, karena terjadwal sama Yuri Kemal juga berkampanye di Kabupaten Belitung. Foto : babelinsight.id

Ia berharap jika Erzaldi terpilih kembali sebagai gubernur, warga bisa mendapatkan dukungan untuk usaha sampingan yang dapat menopang perekonomian rumah tangga, seperti perkebunan atau pertanian yang didampingi dengan pembinaan yang baik.

HKM Sebagai Solusi Ekonomi Warga

Menanggapi keluhan tersebut, Erzaldi menjelaskan bahwa pengelolaan HKM yang pernah ia dorong adalah salah satu solusi untuk meningkatkan perekonomian warga. Ia mengusulkan agar dilakukan tindak lanjut pembibitan plasma, yang merupakan langkah strategis untuk memajukan kelompok HKM.

“Saya akan memfasilitasi pertemuan antara pihak HKM dengan investor pembibitan. Ini harus segera dilakukan agar ekonomi bisa mulai bergerak dari usaha HKM,”

-Erzaldi Rosman-

Ia menjelaskan bahwa dengan berjalannya program HKM, anggota kelompok akan mendapatkan penghasilan, yang kemudian akan menciptakan ekosistem ekonomi di masyarakat. “Dengan adanya penghasilan dari HKM, nelayan bisa menjual hasil tangkapannya, dan roda ekonomi akan berputar,” tambahnya.

Erzaldi ingin, dari HKM terbentuk ekosistem ekonomi yang berkelanjutan. Foto : babelinsight.id

Erzaldi juga menyinggung perbandingan kondisi ekonomi saat ia menjabat sebagai gubernur pada periode 2017-2022, di mana pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung tetap tinggi, bahkan saat pandemi COVID-19 melanda.

Di akhir kampanyenya, Erzaldi mengajak warga untuk mengenal dirinya lebih baik dan mengingatkan bahwa keputusan memilih pada tanggal 27 November mendatang harus berdasarkan hati nurani.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur