News


Jum'at, 04 Oktober 2024 19:34 WIB

Erzaldi Rosman

Jadikan Karakter Anak-Anak Mengikuti Ajaran Nabi Muhammad SAW

Erzaldi Rosman menghadiri tabligh akbar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Kampung Saber, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Jumat (4/10/2024). Foto: babelinsight.id

"Kita merayakan maulid Nabi (Muhammad SAW) dengan penuh kegembiraan, dan insyaallah kita harus tiru apa yang menjadi kebiasaan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan bersosial kita. Dengan suasana gembira ini, mari kita berselawat dengan harapan mendapatkan syafaatnya,"

-Erzaldi Rosman-


------
Penulis: Fadjroel
Editor: Nekagusti

Banyak kebaikan yang dapat dipetik dari sifat Nabi Besar Muhammad SAW. Santun dan bijak dalam bertindak, serta lembut dalam bertutur lisan, merupakan sikap keteladanan sempurna sang Nabiyuttaubah untuk ditirukan umatnya.

Hal itu disebutkan Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, saat hadir dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Pondok Pesantren Darul Inayah, di Kampung Saber, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Jumat (4/10/2024).

Ketua IPHI Babel itu mengajak para orang tua untuk membentuk karakter dan adab anak-anak sesuai dengan ketauladanan yang ditunjukkan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. Foto: babelinsight.id

Perilaku-perilaku ini pula yang dapat diajarkan para orang tua kepada anak-anak. Sebagai generasi masa depan, penting bagi seorang anak terbentuk akhlak dan adab yang sesuai dengan ajaran Islam. Terlebih, di zaman pesatnya perkembangan teknologi, menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk memantau sikap si buah hati.

"Kita menghadapi tantangan, khususnya mendidik anak. Masalah utama orang tua adalah menghadapi akhlak, dan adab anak-anak kita yang semakin hari semakin merosot. Semoga karakter Nabi Muhammad, insyaallah tersampaikan kepada anak-anak kita," ujarnya.

Akhlak dan adab yang utama

Lebih jauh dikatakan Gubernur Babel periode 2017-2022 ini, hadirnya pesantren menjadi salah satu sarana agar anak-anak mendapatkan ajaran akhlak dan adab sebagai modal utama dalam berkehidupan, selain keilmuan yang didapatkan. Maka, ia mengajak para orang tua yang hadir dalam perayaan maulid hari itu untuk tidak ragu menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan berbasis keislaman itu.

Pembentukan akhlak dan abad sangat penting diajarkan sejak dini kepada anak-anak agar terciptanya pula masa depan bangsa yang berkarakter islami. Foto: babelinsight.id

"Karakter Nabi (Muhammad SAW) insyaallah diajarkan di sini. Inilah pentingnya pesantren, agar anak beradab, berkarakter, salih-saliha, jujur. Dari peringatan Nabi ini, yuk kita bertekad, kita jadikan karakter anak bangsa ini mengikuti karakter Nabi Muhammad di masa mudanya, tutur kata indah, dan menyejukkan," pungkasnya.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur