News


Selasa, 01 Oktober 2024 13:30 WIB

Melati Erzaldi

Mencatat Sejarah! Melati Erzaldi dan 'Panggung' Parlemen RI

Melati Erzaldi resmi dilantik sebagai Anggota DPR RI periode 2024-2029, yang dilaksanakan di Gedung Kura-Kura, Senayan. Foto: dok

Sejarah akhirnya tercatat atas nama Melati Erzaldi. Politisi Partai Gerindra ini menjadi perempuan pertama dari Bangka Belitung pertama DPR RI.

-------
Penulis: Fadjroel
Editor: Nekagusti

Melati resmi dilantik sebagai anggota Parlemen untuk lima tahun ke depan (2024-2029), bersama 578 anggota dewan terpilih lainnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Kura-Kura, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Pada rapat paripurna perdananya sebagai Anggota DPR RI di Ruang Paripurna Nusantara II, Melati mengikuti rangkaian pelantikan, yakni Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPR RI/MPR RI/DPD RI masa periode 2024-2029, dipandu Ketua Mahkamah Agung (MA) RI.

Diresmikannya Melati bersama ratusan Anggota DPR RI hari ini setelah dikeluarkannya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 115/P Tahun 2024 tentang Penetapan dalam Keanggotaan DPR RI masa jabatan 2024-2029, yang dibacakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI.

Representasikan Keindahan, Kebesaran dan Sejarah Budaya

Saat pelantikan Melati tampak anggun mengenakan setelan pakaian kurung melayu modern yang menjadi salah satu ciri khas Bangka Belitung. Ia ingin merepresentasikan keindahan, kebesaran, dan sejarah tatanan budaya Indonesia dari Bangka Belitung di "Panggung" Parlemen.

Melati mendapatkan ucapan selamat dari keluarga, rekan, dan kolega usai menjalani prosesi pelantikan sebagai Anggota DPR RI. Foto: babelinsight.id

"Untuk warna memang ditetapkan oleh partai, tetapi kami diberikan kebebasan untuk memperkenalkan kebudayaan daerah. Saya memilih baju kurung melayu ini untuk mengenalkan keindahan budaya di Bangka Belitung, dan juga sebagai representasi sebuah persatuan,"

-Melati-

Anggota DPR RI yang juga merupakan tokoh penggerak Gerakan Ekonomi Kreatif melalui organisasi Gekrafs Bangka Belitung, menyatakan kesiapannya mengemban amanah masyarakat yang dititipkan kepadanya. Setelah pelantikan, ia juga sudah teragendakan mengikuti paripurna kedua, yakni penetapan fraksi, dan pimpinan DPR RI, malam nanti.

Anggota DPR RI Melati Erzaldi berfoto bersama keluarga usai dilantik, Selasa (1/10/2024). Foto: babelinsight.id

"Hari ini bersejarah bagi saya, dan juga Bangka Belitung. Terima kasih kepada masyarakat Bangka Belitung, dan saya sangat bersemangat untuk bekerja, menjalankan tugas legislasi nasional. Doakan saya untuk mengemban amanah ini," pungkasnya kepada babelinsight.id


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur