News


Sabtu, 28 September 2024 07:16 WIB

Erzaldi Rosman

Membangun Masjid adalah Membangun Kemuliaan

Erzaldi Rosman dalam diskusi dengan warga Desa Banyu Asin untuk rencana pembangunan Masjid Al Ikhlas. Foto : babelinsight.id

"Bismilah, sebelum Desember ini kita mulai pembangunan ini. Yakin. Ini kita niatkan, Allah akan membantu. Beritahu saya kapan akan dimulai"
Erzaldi Rosman
___

Penulis: Friz
Editor: Putra Mahendra


Gambaran awal rencana pembangunan Masjid Al-Ikhas Desa Banyuasin, Kabupaten Bangka, disampaikan perwakilan kepengurusan Yayasan Al-Ikhlas dalam pertemuan dengan Erzaldi Rosman di Desa Banyu Asin, Kabupaten Bangka, Jumat (27/08/2023).

Dijelaskan perwakilan yayasan, pada bulan Desember 2023 bersama dengan Yayasan Al-Ikhlas Desa Banyu Asin dan panitia telah mengajukan proposal ke Kesra Pemprov Babel.

"Alhamdulillah diterima dengan baik dan belum tahu bagaimana hasilnya," ceritanya untuk mendapatkan dukungan kelancaran pembangunan dari Erzaldi. 

Erzaldi juga meninjau langsung untuk melihat luasan tanah sebagai lokasi pembesaran masjid Al Ikhlas. Foto : babelinsight.id

Sumbangan masyarakatpun berjalan dan terus berjalan hingga bisa melakukan sebanyak 5 kali gotong royong pembangunan talut. 

"Talut diprioritaskan pembangunannya karena tanahnya agak rendah, sehingga harus ditembok dan diisi tanah dari luar, agar pondasi masjid lebih tinggi dan lebih aman," jelasnya. 

Lebih lanjut dijelaskannya kepada Erzaldi, bahwa infaq yang diperoleh selain dari sumbangan, juga dari berbagai lini warga, seperti petani sawit yang dominan dan petani-petani lain.

"Alhamdulillah tidak ada protes tentang sumbangan dan infaq dari warga ataupun badan usaha di kawasan desa ini," jelas para pengurus yayasan. 

Erzaldi Carikan Sumbangan Dan Dorong Pembangunan Segera

Erzaldi yakin, bahwa sebelum Desember 2024 bisa terlaksana pembangunan masjid ini. Ia bersyukur atas semangat warga, dan Erzaldi juga berpesan untuk masjid dapat dimakmurkan. 

"Alhamdulillah, kawan-kawan masih bersemangat membangun masjid. Tetapi harapannya semangat juga memakmurkan masjid,"

Erzaldi Rosman

Diskusi dengan warga, pengurus yayasan masjid dan rencana pembentukan panitia pembangunan masjid berjalan sangat kondusif. Foto : babelinsight.id

Masjid ini, jika dilihat dari jalur Belinyu hingga Pemali ini memang masjid yang tua. Tapi bagi Erzaldi, pembangunan kembali ini bukan karena tuanya yang mendorong warga membangun masjid, tetapi kemanfaatannya. Yang pertama atas dasar kebutuhan, kapasitas, dan banyak kerusakan (bocor dan retak).

"Jika dalam kondisi ini, sama saja seperti membangun bangunan baru, maka saya katakan perencanaan jangan sampai tidak sesuai dengan perubahan yang dilakukan," tegasnya. 

Sehingga dirinya berpesannya, dalam perencanaan baru, halaman masjid diupayakan untuk memiliki tempat parkir. Jika suatu hari ada pelebaran jalan, tidak merusak pagar atau kontruksi bangunan masjid.

"Rencanakanlah sebaik-baiknya, upayakan pembangunan masjid kita ini jangan lagi mengalami penambahan jika batas waktunya sudah dekat," pesannya. 

Jika perlu, siapkan data dalam perencanaan waktu pembangunan. Antisipasi perkiraan jumlah jemaah dan kapasitas masjid perlu dipertimbangkan agar memaksimalkan manfaatnya untuk warga sekitar desa ini. 

Selain itu, Erzaldi juga kembali berpesan agar masjid jangan hanya digunakan untuk shalat, tetapi jadikan juga sebagai majelis pertemuan, tempat berkompromi, jadikan tempat majelis ilmu, jadikan pula sebagai pusat ekonomi seperti usaha warung sembako untuk pemasukan masjid. 

Masjid ini lanjutnya, harus dikelola dengan managemen sebaik-baiknya, sebaiknya juga bisa dijadikan sebagai tempat musafir istirahat, makan gratis setiap hari Jumat. 

"Ini karena masjid-masjid di luar sana sudah berlomba-lomba untuk bersedekah. Semakin banyak kita bersedekah, semakin mengalir rezeki kita," harapnya. 

Diakhir diskusinya dengan pengurus yayasan masjid selain Perencanaan yang harus lakukan sedemikian rupa, Erzaldi tegas mengingatkan agar panitia yang yang ditunjuk adalah orang-orang yang baik sehingga tidak perlu diintervensi, artinya percayakan kepada panitia. 

"Modal utama, insyaallah sahabat-sahabat saya akan menyiapkan tahun depan," ungkapnya diakhir pertemuan, selain mendukung juga memberikan semangat terus memperjuangkan pembangunan ini.

"Pesannya, masjid ini dibangun dengan tetap memungsikannya sebagai tempat ibadah," tutupnya.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur