News


Jum'at, 06 September 2024 20:44 WIB

Erzaldi Rosman

Erzaldi Berikan Solusi untuk Petani di Tengah Krisis Ekonomi Bangka Belitung

Pembagian pupuk gratis kepada petani Desa Tanjung Ratu. Foto : babelinsight.id

"Jelas nyata, di tengah ekonomi Babel yang tidak baik-baik saja, petani butuh pupuk, dan harga pupuk melambung tinggi. Pak Erzaldi berani memberikan subsidi, bahkan secara gratis dua karung per petani,"

-Widi Prayogo-
Pengurus Pusat Generasi Erzaldi Rosman (GER) Bidang Keorganisasian.

----
Penulis: Friz
Editor: Nekagusti


Dengan jujur, Widi menyampaikan dalam pertemuan dengan warga Desa Tanjung Ratu, Kabupaten Bangka, pada Jumat (06/09/2024), bahwa Erzaldi Rosman sangat memberikan solusi bagi masyarakat petani. 

"Agenda hari ini menunjukkan komitmen Pak Erzaldi. Alhamdulillah, beliau sebagai pembina Formap (Forum Masyarakat Petani) selalu memberikan bantuan, salah satunya pupuk dan bibit Alpukat Roro," ujar Widi di sela-sela diskusi antara Erzaldi dan warga Tanjung Ratu.

Widi Prayogo, Pengurus Pusat GER Bidang Keorganisasian. Foto : babelinsight.id

Widi juga berharap jika Erzaldi terpilih kembali, GER akan mendukung kepemimpinan beliau untuk melanjutkan konsistensi ini, khususnya terhadap petani. "Karena pasca-timah, pertanian menjadi salah satu penyelamat perekonomian Bangka Belitung," lanjutnya, mendukung pencalonan Erzaldi Rosman dan Yuri Kemal Fadlullah dalam Pilkada Serentak 2024.

"Insyaallah Erzaldi menang. Sejak periode pertama, kami mendukung beliau karena kami melihat kepemimpinan yang kuat pada periode lalu," tambahnya.

*Pertemuan yang Direncanakan Sejak Lama untuk Para Petani*

Dalam kesempatan itu, Erzaldi menyampaikan rasa terima kasih atas undangan dan kesempatan bersilaturahmi dengan warga Tanjung Ratu. Ia menekankan bahwa dirinya memang sudah lama ingin bertemu dengan para petani setempat.

Sebagai Pembina Formap Bangka Belitung, Erzaldi menegaskan komitmennya untuk terus mengajak para petani membangun perekonomian Bangka Belitung melalui sektor pertanian. "Kunjungan ini sebenarnya hanya tertunda. Sebelumnya, saya memang ingin bertemu dengan para petani untuk menyampaikan bantuan pupuk," ujarnya kepada warga.

Erzaldi juga menyoroti kondisi perekonomian Bangka Belitung yang saat ini tidak dalam keadaan baik. Ia menggambarkan bahwa ekonomi Babel sedang "terjun payung."

"Keadaannya sangat parah. Contohnya saja, banyak terjadi kejahatan seperti pencurian komoditas sawit yang dicuri dari pohon sebelum pemiliknya memetik," jelasnya.

"Jadi, kalau teman-teman berkebun sawit, sekarang sebaiknya sering-sering menginap di kebun," tambahnya sambil bercanda, tetapi dengan nada serius.

Erzaldi juga mengakui bahwa pertumbuhan ekonomi daerah hanya sekitar satu persen, sementara inflasi rendah. "Namun, daya beli masyarakat juga tidak ada karena masyarakat tidak memiliki uang," jelasnya.

Bantuan Pupuk dan Solusi untuk Para Petani

Foto bersama GER (Generasi Erzaldi Rosman) dalam dialog dengan warga Desa Tanjung Ratu. Foto : babelinsight.id

Pemberian pupuk secara gratis ini, kata Erzaldi, hanyalah bagian kecil dari upaya untuk meringankan beban modal petani. Ia memperkenalkan pupuk organik dari sampah yang telah diolah, yang dapat dimanfaatkan oleh petani untuk tanaman mereka.

"Tapi jangan asal menggunakan pupuk. Harus tahu teorinya, karena jika penggunaannya salah, bukannya membantu tanaman, malah bisa membuat tanaman mati," jelas Erzaldi. Nantinya, koordinator desa akan memberikan panduan mengenai cara penggunaan pupuk tersebut.

Erzaldi juga sepakat untuk memberikan bibit Alpukat Roro kepada masyarakat yang ingin menanamnya. Setiap rumah akan menerima satu bibit pohon untuk dicoba. "Dicoba dulu, nanti kita bisa lanjutkan dengan bekerjasama dengan pemerintah," tutupnya.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur