News


Senin, 26 Agustus 2024 16:23 WIB

Erzaldi Rosman

Erzaldi: Sedekah Kapong Identitas Budaya Bangsa dari Tanah Kundi

Erzaldi Rosman bersama istri bersama masyarakat Desa Kundi, saat menghadiri acara Sedekah Kapong Kundi Bersatu 2024. Foto: babelinsight.id.

"Budaya punya nilai yang kuat sebagai salah satu unsur terpenting dalam membentuk identitas suatu bangsa. Hari ini saya bangga, masyarakat Desa Kundi menunjukkan semangat yang sama untuk melestarikan pesta adat ini"

-Erzaldi Rosman - 
-------

Penulis: Fadjroel
Editor: Nekagusti


Erzaldi Rosman bersama sang istri Melati Erzaldi, berbagi kebersamaan dan kebahagiaan dengan masyarakat Desa Kundi, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, saat turut memeriahkan pesta adat Sedekah Kapong Kundi Bersatu 2024, pada Senin (26/8/2024).

Baik Erzaldi maupun Melati memang menjadi sosok yang peduli dengan kelestarian budaya di Negeri Serumpun Sebalai. Berbagai bentuk dukungan telah ditunjukkan, agar nilai kebudayaan di Bangka Belitung tetap terjaga tanpa tergerus oleh masa. 

Kehadiran Erzaldi dan Melati mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat Desa Kundi. Foto: babelinsight.id

Sedekah Kampong Kundi Bersatu sendiri merupakan pesta adat yang sudah dilaksanakan secara turun-temurun oleh masyarakat, dan bahkan sudah menjadi aset kebudayaan, dan menjadi agenda tahunan di Bangka Barat. Satu di antara banyak pertunjukan paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat, yakni pencak silat.

Selain sarat akan nilai budaya, Sedekah Kapong yang sudah dilaksanakan pada 24 Agustus dan direncanakan hingga 28 Agustus 2024 itu, Erzaldi menyebutkan jika Sedekah Kapong menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, dan menjaga rasa kekeluargaan.

Erzaldi menyebut Sedekah Kapong Kundi Bersatu menjadi pesta adat dengan sarat nilai-nilai kebudayaan. Foto: babelinsight.id

"Kita bersilaturahmi, bergembira dalam rangka sedekah kampung ini. Mudah-mudahan, dari (sedekah) Kapong Kundi Bersatu ini, Desa Kundi makmur, berjaya, dan tahun ke tahunnya Desa kundi semakin maju, dan masyarakatnya sejahtera," ujarnya.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur