News


Kamis, 22 Agustus 2024 11:26 WIB

Melati Erzaldi

Atlet SOIna Babel akan Jalani Pemeriksaan Kesehatan, Melati,

Melati Erzaldi bersama atlet SOIna Babel/foto: babelinsight.id

150 Orang Bertalenta Khusus Special Olympics Indonesia (OBK SOIna) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan 

----
Penulis: Nekagusti
Editor: Putra Mahendra

PANGKALPINANG - Program Pemeriksaan Kesehatan Atlet (Healthy Athletes) merupakan program yang menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis, ramah lingkungan disertai beberapa kegiatan yang menyenangkan dan kegiatan untuk menghilangkan kecemasan yang seringkali dialami OBK (orang bertalenta khusus) SOIna ketika harus berhadapan dengan Dokter, Fisioterapi atau Tenaga Medis. 

Faktor Kesehatan sangat berdampak besar bagi kesejahteraan dan kelangsungan hidup OBK di seluruh dunia. Bahkan dalam beberapa kasus, dengan adanya kegiatan pemeriksaan kesehatan atlet dapat membantu menyelamatkan nyawa OBK SOIna karena dapat menemukan masalah kesehatan yang tidak diketahui sebelumnya sehingga bisa segera dilakukan penanganan atau perawatan kesehatan khusus.

Special Olympics Indonesia (SOIna) menyelenggarakan rangkaian kegiatan Healthy Athletes, bertempat di SMA Negeri 2 Pangkal Pinang, Jl. Kalimaya Rt.03 Rw.02 Bacang, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang-Bangka Belitung, yang teridiri dari Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut (Special Smiles/SS), Pemeriksaan Kesehatan Mata/Penglihatan (Opening Eyes/OE), Pemeriksaan Kesehatan telinga/pendengaran (Healthy Hearing/HH),Fisioterapi (Fun Fitness/FF),Pemeriksaan Kesehatan Kaki (Fit Feet/FFt),Penyuluhan Kesehatan (Health Promotion/HP),Pelatihan Daya Pikir (Strong Minds/SM).

Kegiatan Healthy Athletes akan melibatkan 175 orang relawan, yang terdiri dari Dokter Spesialis Mata, Dokter Spesialis THT, Dokter Gigi, Fisioterapi, Dokter Umum, Psikolog, Mahasiswa Kedokteran, Mahasiswa Psikologi dan Tenaga Medis lainnya, dari beberapa instansi seperti, Institut Agama Islam,  Negeri Syaikh, Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Politeknik Kesehatan Kemenkes  Pangkalpinang, Universitas Bangka Belitung, Ikatan Fisioterapi Indonesia Kepulauan Bangka Belitung, Ikatan Fisioterapi Indonesia, cabang Pangkalpinang, Pusat Layanan Autis Kepulauan Bangka Belitung, Budi Optical Pangkalpinang, PDGI Cabang Pangkalpinang.

Peserta kegiatan Healthy Athletes adalah 150 OBK-SOIna yang berasal dari SLB/Klub SOIna yang tersebar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meliputi, SLB Negeri Pangkalpinang, SLB YPAC Pangkalpinang, SLB Negeri Sungailiat, SLB YPN Belinyu, SLB Negeri Muntok, SLB Negeri Koba, dan SLB Neger Toboali.

Ketua SOIna Bangka Belitung, Melati Erzaldi menjelaskan bahwa anak-anak dengan ketunaan grahita yang menjadi peserta dalam kegiatan ini juga memiliki harapan besar. Mereka berharap bahwa melalui pemeriksaan kesehatan yang menyeluruh ini, mereka dapat lebih memahami kondisi kesehatan mereka dan mendapatkan penanganan yang sesuai. 

Dengan demikian, mereka akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan kesehatan mereka, sehingga mampu menjalani kehidupan sehari-hari dan berkompetisi dengan lebih baik. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan kepercayaan diri kepada mereka bahwa mereka bisa tetap aktif dan sehat meskipun memiliki keterbatasan.


Rangkaian kegiatan Healthy Athletes SOIna
Pelatihan Dokter dan Relawan Medis ini akan dilaksanakan pada Jum’at, 30 Agustus 2024 pukul 13.30 – 16.00 WIB. Dan pemeriksaan Kesehatan Atlet Sabtu, 31 Agustus 2024 pukul 08.00 s.d selesai di SMA Negeri 2 Pangkalpinang

SOIna menjadi anggota Special Olympics International (SOI) pada tahun 1989 dan merupakan anggota ke-79 dari 180 negara anggota. Saat ini SOIna memiliki program olahraga: Atletik, Bulutangkis, Tenis meja, Bocce, Futsal, Boling, Sepakbola ke-7an, Renang, Bola Basket, Bola tangan, Bola voli, Senam ritmik, Senam artistik, Floorball, Snowshoeing, Dance sport & Fitness.

Selain program olahraga, SOIna juga memiliki program pendukung (Initiatif Program),Healthy Athletes, Athlete Leadership Programs (ALPs), Youth Activation, Family Support Network, Motoric Activity Training Program (MATP), Young Athletes & Seni Budaya.

Program Healthy Athletes memiliki tujuh (7) disiplin ilmu kesehatan, meliputi  pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut (Special Smiles/SS), pemeriksaan Kesehatan Mata/Penglihatan (Opening Eyes/OE), pemeriksaan Kesehatan telinga/pendengaran (Healthy Hearing/HH), Fisioterapi (Fun Fitness/FF), Pemeriksaan Kesehatan Kaki (Fit Feet/FFt), Penyuluhan Kesehatan (Health Promotion/HP) dan Pelatihan Daya Pikir (Strong Minds/SM).


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur