News


Senin, 22 Juli 2024 19:40 WIB

Melati Erzaldi

Inspirasi Majelis Taklim, Menggali dan Mengamalkan Ilmu

Ketua BKMT Babel Melati Erzaldi menyampaikan bahwa BKMT tidak hanya menggali ilmu keagamaan saja, tetapi juga sosial dan ekonomi kemasyarakatan umat/Foto: babelinsight.id

Majelis Taklim bukan organisasi yang asal kumpul-kumpul saja, tetapi tempat menggali ilmu dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Melati Erzaldi
Ketua PW BKMT Babel

-----
Penulis : Tedja Wahana
Editor: Nekagusti

Ketua Badan Kontak Majelis Taklim Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKMT Babel), Melati Erzaldi menyatakan bahwa dalam setiap pertemuan, para majelis tidak hanya mendapatkan pengetahuan agama yang mendalam, tetapi juga bimbingan praktis untuk menerapkannya di tengah masyarakat.

Kegiatan-kegiatan seperti pengajian, diskusi, dan ceramah agama yang rutin diadakan, menjadi sarana penting bukan hanya bagi peningkatan spiritual saja, tetapi juga pengetahuan sosial ekonomi kemasyarakatan. 

Hal itu disampaikan Ketua BKMT Babel, Melati Erzaldi yang hadir bersama Suami, Erzaldi Rosman pada kegiatan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H dan sekaligus Pengajian Bulanan Majlis Ta'lim (Majlis Ta'lim Al Ittihadu Asasun Najjah), di Masjid Al Manaar, Dusun Belit, Desa Dendang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Senin (22/7/24).

"Saya bersama Pengurus BKMT, rutin berkeliling ke seluruh Bangka Belitung untuk mengikuti kegiatan bersama Majelis Taklim di desa-desa" ungkapnya. 

Erzaldi Rosman yang ikut hadir dalam kegiatan ini, memperkuat pernyataan Sang Istri, Melati Erzaldi akan pentingnya BKMT ini/Foto: babelinsight.id

Namun sayangnya kepengurusan BKMT di Kabupaten Bangka Barat ini belum terbentuk. Karena setiap kali BKMT akan mengadakan kegiatan di daerah, berkoordinasi dengan BKMT Kabupaten maupun turunannya ke desa-desa. Namun demikian, Melati berharap hal ini tidak menyurutkan semangat para jamaah yang hadir kali ini. 

"Kalau bisa setiap pertemuan bulanan dibuatkan absen, untuk mengetahui sejauh mana konsistensi para anggota untuk hadir di majelis taklim ini" ungkapnya.

Perkenalkan program Bank Infaq

Selain itu Melati Erzaldi juga memperkenalkan program bank infaq. Program yang dirancang untuk mengumpulkan dan mengelola sumbangan sukarela dari jamaah. Dana yang terkumpul dari infaq ini kemudian digunakan untuk berbagai keperluan sosial dan keagamaan, seperti membantu anggota jamaah yang membutuhkan, mendanai kegiatan usaha, pendidikan maupun mendukung pembangunan fasilitas umum. Dengan adanya Bank Infaq, Majelis Taklim dapat menjalankan fungsinya tidak hanya sebagai pusat pembelajaran agama, tetapi juga sebagai wadah solidaritas dan kesejahteraan umat.

Para Majelis Taklim yang hadir juga mendapat penjelasan tentang Bank Infaq, serta pemahaman pencegehan Stunting dan pernikahan usia dini/Foto: babelinsight.id

Selain itu isu-isu yang saat ini berkembang, seperti stunting dan pernikahan usia dini yang tinggi juga menjadi perhatiannya dalam majelis taklim.

"Stunting dan pernikahan usia dini bukan hal yang sepele. Inilah yang akan menentukan kualitas generasi kita ke depan. Kita punya tanggung jawab besar akan hal ini. Dan ini juga menjadi perhatian kita bersama sebagai upaya untuk mencegahnya melalui Majelis Taklim ini" jelasnya. 

Majelis Ilmu untuk semua

Sementara itu Sang Suami yang juga Ketua PW IPHI Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menguatkan pernyataan Melati Erzaldi yang mengatakan bahwa datang ke Majelis Taklim ini adalah untuk menambah ilmu.

"Kita datang ke majelis taklim ini untuk menambah ilmu sekaligus melaksanakan ilmu yang kita dapat itu dalam kehidupan kita sehari-hari" ungkapnya.

Erzaldi juga menjelaskan manfaat Bank Infaq, yang memiliki berbagai manfaat yang signifikan untuk kesejahteraan umat dan mencegah praktik pinjaman online (pinjol) yang merugikan.

Tak lupa keduanya mengucapkan selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H kepada para majelis, dan berharap semua diberikan kekuatan dan keberkahan untuk menjalani tahun yang akan datang dengan iman yang lebih kuat, semangat yang baru, dan hati yang penuh dengan rasa syukur. 

"Semoga kita dapat meningkatkan amal ibadah, mempererat silaturahmi, dan berkontribusi lebih banyak kepada masyarakat. Mari kita jadikan momen ini sebagai titik awal untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan terus berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selamat Tahun Baru Islam!", ucap Erzaldi.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur