News


Jum'at, 21 Juni 2024 20:25 WIB

Erzaldi Rosman

Kisah Erzaldi dan Masyarakat Petani

Petani Desa Ibul, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat menerima bantuan pupuk dari Erzaldi Rosman bersama Formap Babel, Jumat (21/6/2024). Foto: babelinsight.id

Saat namanya disebutkan oleh panitia, seketika semringah menyembul di raut wajah Sukandi, petani asal Desa Ibul, Kecamatan Simpang Teritip, Bangka Barat, sesaat hendak mendapatkan bantuan pupuk yang diserahkan Erzaldi Rosman, Jumat (21/6/2024).
___

Penulis: Fadjroel
Editor: Putra Mahendra


Lelaki setengah baya ini adalah salah satu dari puluhan petani di Desa Ibul dan sekitarnya menerima bantuan pupuk dari Gubernur Bangka Belitung (Babel) periode 2017-2022, yang bekerja sama dengan Forum Masyarakat Petani (Formap) Babel. Ia merupakan pembina di organisasi tersebut.

Kepada babelinsight.id setelah menerima bantuan, Sukandi mengungkapkan rasa syukurnya kepada Erzaldi dan Formap Babel atas kepedulian terhadap para petani. Ia mengaku terbantu, apalagi saat ini kondisi pertanian maupun perkebunan di Negeri Serumpun Sebalai sedang dalam masa kondisi mengkhawatirkan, dengan tingginya harga pupuk, dan rendahnya harga komoditi.

Bantuan tersebut sebagai stimulus para petani untuk terus mengoptimalkan potensi pertanian dan perkebunan di Desa Ibul dan sekitarnya. Foto: babelinsight.id

"Saya berkebun sudah 6 bulan. Saya sangat terbantu sekali (adanya bantuan pupuk). Pupuk ini akan kami ujicoba dulu. Seandainya bagus, mungkin ke depan akan kami beli lagi,"

Sukandi

Nama Erzaldi begitu akrab bagi Sukandi. Petani sawit, lada, dan kelapa ini mengetahui sepak terjang Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra itu yang begitu memperhatikan nasib para petani, sekalipun saat ini Erzaldi tak lagi menjabat sebagai orang nomor satu di Babel. 

"(Erzaldi) Orangnya bagus, ramah kepada masyarakat petani, dan kelihatan betul tidak sombong. Saya terima kasih atas bantuan beliau, semoga pupuk ini dapat lebih baik untuk kebun kami," ungkapnya.

Sukandi pun memberikan pendapatnya atas niat Erzaldi untuk kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur Babel pada periode lima tahun ke depan. Ia menyatakan jika kehadiran Erzaldi akan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan petani.

"Kalau beliau maju lagi akan bagus bagi petani," kata Sukandi.

Bantuan pupuk bukan untuk pertama kali dilakukan Erzaldi, melainkan rutin sejak ia menjabat Gubernur Babel. Foto: babelinsight.id

Bantuan yang diberikan Erzaldi bersama organisasi binaannya ini bukanlah untuk pertama kali. Sejak menjabat Gubernur selama lima tahun (2017-2022), ia rutin memberikan bantuan kepada petani di hampir seluruh desa dan pelosok Babel.

Bantuan yang diberikan pun beragam, baik bantuan pupuk, maupun berupa pendampingan, sehingga petani mendapatkan ilmu dalam pengoptimalan potensi pertanian dan perkebunan.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur