News


Sabtu, 30 Maret 2024 00:41 WIB

Info Pilihan

Buka Bersama, UAS Sebut Pentingnya Palestina bagi Indonesia

Talkshow dan Buka Bersama Ustaz Abdul Somad digelar di D'Garden Suntos, Sungailiat, Jumat (29/3/24)/Foto: babelinsight.id

"Karena negara Palestina melalui seorang mufti besar bernama Sayyid Amin Al-Husain, yang menolong, membawa tokoh-tokoh dari Indonesia ke negara Timur Tengah untuk memulai perjuangan untuk kemerdekaan negara Indonesia.

Ustadz Abdul Somad(UAS)
------
Penulis : Tedja Wahana
Editor: Nekagusti

SUNGAILIAT - Ustadz Abdul Somad atau masyarakat yang lebih mengenal dengan  sebutan UAS, menyatakan bahwa Negara Palestina mempunyai peran penting bagi keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Pernyataan itu ia lontarkan saat menyampaikan ceramahnya dalam acara Talkshow dan Buka Bersama Ustadz Abdul Somad (UAS) di D'Garden Suntos, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Jumat, (29/3/24).

Ikut hadir bersama Erzaldi Rosman dan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun, dalam acara yang digelar sembari menunggu saat berbuka tiba itu, UAS menjelaskan pernyataannya mengapa Palestina mempunyai sejarah penting negara Indonesia. 

Erzaldi Rosman turut hadir pada kegiatan yang dilaksanakan sebelum waktu berbuka puasa tiba/Foto: babelinsight.id

"Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa masalah Palestina adalah masalah kebangsaan, masalah negara, dan tidak ada hubungannya dengan kita. Kita mau memperbaiki pemahaman ini yang benar" ungkapnya. 

Merujuk pada peristiwa sejarah kemerdekaan Indonesia, UAS menjelaskan seharusnya Indonesia harus berbangga dengan Negara Palestina karena kemerdekaan yang telah berhasil direbut Indonesia salahsatunya adalah berkat bantuan negara Palestina. 

"Karena negara Palestina melalui seorang mufti besar bernama Sayyid Amin Al-Husain, yang menolong, membawa tokoh-tokoh dari Indonesia ke negara Timur Tengah untuk memulai perjuangan untuk kemerdekaan negara Indonesia. Ini terjadi sebelum Indonesia merdeka, sebelum tahun 1945" jelasnya. 

Kiblat pertama
Sementara itu bagi umat Muslim di Indonesia, Palestina juga mempunyai arti penting karena kiblat pertama kali setelah Nabi Muhammad SAW pindah dari Kota Maddinah Al Munawaroh adalah Masjid Al Aqsa atau yang dikenal dengan nama Baitul Maqdis yang terletak di Palestina,  sebelum Rasulullah SAW diperintahkan untuk memindahkan kiblat dari Masjid Al Aqsa ke Masjidil Haram seperti sekarang.

Erzaldi Rosman dan istri, Melati Erzaldi Foto bersama UAS usai kegiatan Talkshow dan Buka Bersama/Foto: babelinsight.id

"Kamu tidak beriman sampai kamu ke sayang kepada saudaramu, sama seperti sayang pada diri sendiri. Orang beriman itu bersaudara. Adapun saudara kita Palestina, mereka adalah saudara kita di dunia dan saudara kita di akhirat. Kita akan bersama saudara kita Palestina di Surga Jannah tul Firdaus bersama Nabi Muhammad SAW" tegasnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan Talk Show, Ustaz Abdul Somad menanggapi pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta, hingga akhir waktu buka tiba dan dilaksanakan shalat Magrib bersama.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur