News


Selasa, 16 Januari 2024 10:58 WIB

Melati Erzaldi

Mencetak Pejuang Islam dari Balik Dinding Pondok Pesantren

Erzaldi Rosman berkunjung dan sharing bersama para Santri dan Wali Santri di Pondok Pesantren Darut Ta'lim, Kundi/Foto: babelinsight.id

Pondok Pesantren tidak hanya sekadar tempat belajar agama, tetapi juga menjadi panggung bagi pembentukan karakter dan semangat juang yang luar biasa.

__

Penulis: Tedja Wahana
Editor: Putra Mahendra


Melalui pendekatan pendidikan yang holistik, pondok pesantren (ponpes) menanamkan nilai-nilai keislaman yang kuat pada para santrinya. Dengan kurikulum yang mencakup pembelajaran agama, keterampilan praktis, dan pengembangan karakter, pesantren ini membentuk individu yang tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga siap menghadapi tantangan dunia modern.

Harapan itulah yang disampaikan Erzaldi Rosman saat mengunjungi Pondok Pesantren Darut Ta'lim, Desa Kundi, Kabupaten Bangka Barat, Senin (15/1/2024). Selain berkunjung melihat fasilitas dan asrama, pada kegiatan itu juga dilakukan sharing season bersama para santri beserta wali santri. 

Erzaldi berharap Pondok Pesantren Darut Ta'lim dapat mencetak para pejuang Islam yang memiliki pemahaman yang mendalam terhadap ajaran agama dan siap mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Erzaldi Pondok Pesantren adalah pencetak para pejuang Islam yang berkarakter/Foto: babelinsight.id

"Di pondok pesantren ini para santri juga dilatih untuk menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat, menjadi santri-santri yang baik, penghafan Al Quran, bersemangat, jujur, sopan dan beradab,"

Erzaldi Rosman

Erzaldi juga menekankan kepada para santri agar jangan hanya memiliki keilmuan di satu bidang saja, tetapi juga keilmuan lain di segala bidang. 

"Contohlah Nabi Muhammad SAW. Rasulullah dikenal sebagai saudagar ulung dengan kejujuran, kemuliaan dan amanahnya dalam berniaga. Jadi kalian tidak hanya menjadi ustaz saja, jadilah uztaz sekaligus dokter, guru, polisi, tentara, ahli kimia dan sebagainya," tegasnya.

Dengan demikian para santri yang merupakan pejuang Islam ini nantinya dapat menguasai dunia. 

Kepada pimpinan, ustadz dan ustadzah Pondok Pesantren Darut Ta'lim dirinya berpesan agar meningkatkan kurikulum dan metode pembelajaran yang berfokus pada pendidikan karakter para santri. Sementara itu kepada para wali santri ia berpesan agar dalam pendidikan anak jangan sepenuhnya diserahkan kepada pihak pondok pesantren saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab kedua orang tua.

Erzaldi saat berbincang dengan pimpinan pondok pada waktu melihat fasilitas dan asrama/Foto: babelinsight.id

Pada kesempatan itu Erzaldi juga berharap kepada pondok pesantren, santri dan wali santri untuk terus memberikan doa dan dukungan kepada saudara yang berada di Palestina.

Erzaldi berjanji dirinya akan hadir kembali ke pondok pesantren dua bulan mendatang, untuk melihat perubahan-perubahan positif dari para santri di Pondok Pesantren Darut Ta'lim.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur