News


Kamis, 14 Desember 2023 20:13 WIB

Melati Erzaldi

Melati, S.H: 'Gunakan hak suara, Pemilu 2024, jadikan kita berdaya!'

Melati, S.H. Saat menjelaskan bagaimana cara cepat menggunakan hak pilih pada  surat suara dalam Pemilu 2024/ Foto: babelinsight.id

"Membawa misi perempuan Bangka Belitung agar lebih berdaya dan berdampak pada lingkungan hingga negara"

Penulis: Friz
Editor: Nekagusti

Riuh tepuk tangan Warga Desa Banteng, Tempilang, Kabupaten Bangka Barat saat Melati Erzaldi ucapkan salam pembuka, khususnya para ibu-ibu yang tahu dan kenal persis siapa Melati. 
Perempuan yang kaya akan prestasi ini terfokus menyampaikan bagaimana cara menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024 nanti. 

"Terkadang, nama kecil atau nama panggilan lebih dikenal daripada nama asli seorang calon legislatif. Maka, ibu-ibu, bapak-bapak harus mengenali calon legislatif pilihan masing-masing. Mulai dari wajahnya, hingga nama aslinya," tegasnya dalam kampanye pemilu di tempat umum yang dilaksanakannya di Desa Banteng - Tempilang, Kabupaten Bangka Barat. 

Melati, S.H., Calon Legislatif DPR RI, nomor urut 1 dari Partai Gerindra ini tidak hanya dikenal sebagai seorang perempuan yang selalu mendorong pemberdayaan perempuan, tetapi begitu akrab dengan masyarakat Bangka Belitung karena Ia adalah istri Erzaldi Rosman Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Periode 2017-2023. 

"Kami kenal Ibu, dan  kenal Pak Erzaldi juga. Dikenal dimana-mana," riuh warga Kecamatan Kelapa saat ditanyai mengenal pasangan suami istri ini. 

Melati mengatakan, kehadirannya tentu untuk mengenalkan dirinya kembali dan calon-calon dari Partai Gerindra. 

"Tak kenal maka tak sayang. Saya ingin kembali  mengenalkan diri saya, calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran dan Saya Caleg DPR RI nomor urut 1 dari Partai Gerindra, serta calon legislatif-nya untuk Kabupaten Bangka Barat dari Partai Gerindra. Sengaja saya mengulang terus agar kita semua mengingat pilihan kita saat ke TPS 14 Februari 2024 nanti," ujarnya sekaligus mengenalkan caleg Partai Gerindra yang hadir. 

Edukasi untuk pilihan hati

Melati, S.H., saling menyapa warga Desa Banteng-Tempilang Kabupaten Bangka Barat/ Foto: babelinsight.id

Dirinya juga menjelaskan bahwa nantinya sebagai pemilih yang memiliki hak suara saat di TPS akan menerima 5 surat suara. 

Partai Gerindra itu adalah Nomor 2, maka cukup fokus membuka surat suara tersebut 1 kali lalu akan terlihat Partai Gerindra pada nomor 2 dan lihat nama-nama yang sudah dikenal dari Partai Gerindra yang sudah menjadi pilihan hati. 

"Silahkan dipilih satu-satu tiap surat suara yang diterima di TPS sesuai pilihan ibu-ibu dari Partai Gerindra," jelasnya. 

Melati saat ini memang lebih dikenal dikalangan ibu-ibu majelis taklim, dan sedang diamanahkan sebagai Ketua BKMT Kepulauan Bangka Belitung 2021-2026 ini banyak hal sudah dilakukan dalam jabatan-jabatan lain yang diembannya. 

"Saya dengan kerendahan hati, meminta mohon doa restunya. Semoga niat baik kami ini diijabah oleh Allah SWT. Aamiin, Qobul,"

-Melati Erzaldi-

Menjadi keterwakilan perempuan

Melati, S.H., berfoto bersama warga dan para caleg Kabupaten Bangka Barat/Foto: babelinsight.id

Delapan belas tahun mendampingi kiprah sang suami mulai dari kabupaten Bangka Tengah sebagai Anggota Legislatif hingga Bupati dan Gubernur Babel terpilih pada 2017, dirinya mengakui buka tak ingin bersantai saja, tetapi dirinya ingin terlibat dalam sebuah sistem untuk bersama menentukan kebijakan yang terbaik untuk Bangka Belitung dan Indonesia. 

Niat untuk membangun Bangka Belitung, menjadi alasan  mengapa dirinya maju ke DPR RI. Perempuan Pramuka Inspirasi Indonesia tahun 2022 ini juga menambahkan bahwa setiap hari, tiap waktu, tiap detik selalu terfikir kemajuan masyarakat Bangka Belitung. 

Terlebih, karena dirinya adalah bagian dari  Bangka Belitung, provinsi yang baru 23 tahun, sehingga sudah seharusnya anak-anak Bangka Belitung ingin berkontribusi dan terlibat dalam sebuah sistem," tegasnya. 

"Kalau saya terpilih, Insyaallah ini akan menjadi sejarah baru Bangka Belitung, Bangka Belitung akan memiliki keterwakilan suara perempuan di palemen pusat nantinya," tambahnya. 

Dalam kesempatan ini, dirinya juga mengingatkan bahwa pemilihan legislatif berbeda dengan pemilihan kepala daerah karena nantinya juga kewenangannya berbeda. Perbandingannya, jelasnya bahwa Kepala Daerah mengatur atau mengelola anggaran yang sudah ada di daerah. 

"Tetapi berbeda dengan legislatif, kerjanya bersama, bisa menentukan kebijakan yang akan diterapkan di suatu daerah untuk keterwakilan daerah. Jika saya menjadi keterwakilan di DPR RI, saya salah satu perempuan Babel akan mewakafkan diri dan berkontribusi untuk undang-undang secara keseluruhan yang akan diterapkan di Indonesia," jelasnya lugas.

Founder Sekuntum Melati ini mengatakan bahwa perempuan mempunyai hak suara yang sama, kekuatannya sama. 

Seperti peribahasa, Suara Ibu itu Emas, yang artinya menurut Melati suara kita perempuan itu memiliki kekuatan. 

"Jadi nanti pada 14 Februari 2024 jangan sampai ibu-ibu tidak hadir dan tidak memilih, karena bisa jadi suara ibu-ibu akan dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak diinginkan," ajaknya bersepakat.  

Dirinya berpesan, agar para warga di Desa ini untuk istiqomah jika telah memiliki pilihan hati dan akan hadir dan memilih pada hari pelaksanaan Pemilu 2024 nanti.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur