Lokal


Rabu, 30 Agustus 2023 18:01 WIB

Bangka Tengah

Algafry: Chit Ngiat Pan, Bukti Nyata Toleransi Beragama

 

Tradisi ini merupakan momen bagi masyarakat untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhannya sesuai kepercayaan masing-masing.
___

Penulis: Redoh Soniman | Diskominfosta Bangka Tengah
Editor: Putra Mahendra


[RELEASE] - Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah didampingi Camat Pangkalan Baru hadir di tengah masyarakat keturunan Tionghoa yang sedang melaksanakan acara Sembahyang Rebut di Kelenteng Setia Budi, Desa Jeruk, dan Kelenteng Setia Dharma, Desa Batu Belubang, pada Rabu (30/08/2023) malam.

Algafry Rahman menyempatkan hadir untuk bersilaturahmi dengan masyarakat pada agenda tahunan, yang juga disebut Chit Ngiat Pan, yang merupakan salah satu perayaan hari besar masyarakat keturunan Tionghoa di Bangka Belitung.

"Di tahun 2023 pelaksanaan Sembayang Rebut yang dilaksanakan oleh teman-teman kita dari masyarakat Tionghoa disambut baik oleh masyarakat sekitar. Ini menjadi bukti bahwa toleransi beragama dan menghormati antar suku, terlihat jelas dimana kita saling menghargai dan saling menjaga setiap warga kita yang melaksanakan tradisi keagamaan maupun adat istiadat," ucap Algafry.

Dikatakannya, tradisi ini merupakan momen bagi masyarakat untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhannya sesuai kepercayaan masing-masing.

"Tradisi ini adalah bentuk rasa cinta masyarakat Tionghoa akan kepercayaannya, leluhurnya, sehingga mereka lebih dekat pula dengan Tuhannya. Ini juga sebagai modal untuk kita hidup rukun, damai, dan tenteram,” imbuhnya.

Kehadiran Algafry ini juga merupakan wujud dukungan pemerintah daerah terhadap tradisi lokal sebagai salah satu khazanah budaya di wilayah Bangka Tengah yang harus dihargai.
"Kami selaku Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah selalu mendukung kegiatan ini sebagai tradisi budaya yang ada di masyarakat agar dapat berjalan dengan aman, tertib, dan terlindungi," tutupnya.
 


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur