Lokal


Selasa, 12 September 2023 11:50 WIB

Bangka Tengah

Gemas, Mereka Unjuk Gigi di Depan Bupati

Eva Algafry selaku Bunda PAUD Bangka Tengah mengaku mengapresiasi Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah yang telah menyelenggarakan acara ini.

_____

Penulis: Onie R. Bana/Diskominfosta Bangka Tengah
Editor: Putra Mahendra


KOBA – Ada yang berbeda pagi itu. Terlihat kerumunan masyarakat memadati sepanjang Jalan Pos Koba yang telah dihiasi dengan ornamen khas perayaan Hari Kemerdekaaan Republik Indonesia. 

Hal ini ternyata berkaitan dengan gelaran Karnaval PAUD, yang menggunakan jalan ini sebagai jalur utama, Selasa (15/08/2023) pagi.

Dengan mengusung tema Terus Melaju untuk Indonesia Maju, Sukseskan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, acara yang bertujuan memeriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia ini dimulai pada pukul 08.00 WIB. Meriah, karnaval ini sukses diikuti oleh ribuan pelajar baik Taman Kanak-Kanak (TK) maupun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kecamatan Koba dan Lubuk Besar.

Dihadiri oleh Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah, beserta Eva Algafry selaku Bunda PAUD Bangka Tengah, acara berlangsung meriah dengan penampilan anak-anak TK dan PAUD yang berani unjuk gigi di depan panggung kehormatan.

Eva Algafry selaku Bunda PAUD Bangka Tengah mengaku mengapresiasi Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah yang telah menyelenggarakan acara ini.

"Apresiasi yang luar biasa bagi Dinas Pendidikan, terutama Bidang PAUDNI (Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal -red),"

Eva Algafry 

Kegiatan itu juga kata Eva dihadiri Ibu Kabid beserta Kepala Dinas Pendidikan, yang telah menyelenggarakan acara ini. 

"Kegiatan ini merupakan wadah bagi anak-anak untuk berkreasi, seperti yang sudah kita lihat tadi, betapa bergembiranya mereka bisa tampil dengan mengenakan kostum tema yang lucu-lucu, meskipun tadi ada juga yang sempat nangis karena kepanasan," ujar Eva saat ditemui usia kegiatan.

Karnaval PAUD yang rencananya akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya ini juga menjadi hal yang didukung oleh Eva.

"Jika anak-anak ini diikutsertakan pada karnaval umum, saya rasa akan butuh waktu lebih lama untuk mereka menunggu. Jadi nanti akan kita khususkan, yakni pada setiap tanggal 15 Agustus akan kita selenggarakan Karnaval PAUD se-Bangka Tengah. Akan kita bantu sosialisasikan ke sekolah-sekolahnya juga, karena tidak dipungkiri, mengikuti kegiatan seperti ini sangat bergantung pada anggaran di masing-masing sekolah. Jadi nanti semoga semua bisa ikut berpartisipasi agar Karnaval PAUD ini semakin ramai dan meriah," pungkasnya.

Senada dengan Eva, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman juga menginginkan adanya satu hari yang dikhususkan untuk karnaval anak-anak usia TK dan PAUD.

"Akan kita agendakan satu hari spesial kepada seluruh anak-anak PAUD dan TK, di mana mereka akan mengikuti karnaval khusus usia mereka di setiap tanggal 15 Agustus," kata Algafry.

Dirinya juga menyadari, bahwa dunia anak-anak PAUD adalah bermain, maka pembebasan bagi anak-anak untuk tampil dan berkreasi itu adalah hal yang penting.

"Pada momen inilah kita bebaskan anak-anak untuk tampil, dan menampilkan kreasi yang mereka inginkan. Terlihat juga tadi antusias dari para guru dan orang tua yang begitu bersemangat mendampingi anak-anak. Kegiatan ini juga bermanfaat mengenalkan semangat 17 Agustus kepada anak-anak sejak dini, bahwa semangat mereka adalah untuk belajar dan berkreasi dengan bebas dan ceria," ucap Algafry.

Diketahui, pada tanggal 21 dan 22 Agustus mendatang akan dilaksanakan perlombaan baris-berbaris serta karnaval untuk umum yang sudah dinanti-nantikan oleh masyarakat.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur