News


Sabtu, 12 Agustus 2023 16:53 WIB

Melati Erzaldi

Majelis Taklim adalah Ladang Ibadah dan Keberkahan

Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Bangka Belitung Melati Erzaldi, menghadiri kegiatan majelis taklim Masjid Al-Ihsan, Sungai Selan, Jumat (11/8/2023). Foto: babelinsight.id

Melati bangga majelis taklim di Negeri Serumpun Sebalai selalu konsisten dalam menyiarkan Islam.
___

Penulis: Fadjroel
Editor: Putra Mahendra


FILSUF Persia Abu Hamid Al Ghazali, menyebutkan, "Menuntut ilmu adalah taqwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad". 

Ungkapan tersebut memaknai tingginya nilai suatu ilmu. Sehelai ilmu, terutama ilmu agama Islam bisa didapatkan siapapun, dan dari manapun, termasuk dalam suatu majelis sederhana yang berisikan beberapa orang, seperti majelis taklim. 

Seperti dikatakan Abu Hamid Al Ghazali, mengulang-ulang ilmu adalah zikir, ini pula yang dilakukan puluhan ibu-ibu jemaah majelis taklim Masjid Al-Ihsan, Sungai Selan, Bangka Tengah (Bateng), Jumat (11/8/2023) kemarin.

Majelis tersebut secara rutin menggelar doa bersama, selawat, dan zikir, kajian Islam, maupun kegiatan lainnya seperti diskusi keagamaan. Hari itu, Melati Erzaldi selaku Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Bangka Belitung (Babel), turut hadir di tengah-tengah majelis.

Kegiatan yang diisi dengan pengajian, doa, selawat, maupun kajian ilmu ini digelar secara rutin oleh para jemaah masjid tersebut. Foto: babelinsight.id

Melati bangga majelis taklim di Negeri Serumpun Sebalai selalu konsisten dalam menyiarkan Islam, menyuarakan ilmu yang berprinsip kebenaran sesuai syariat agama yang tertera dalam Al-Qur'an, dan hadits. Untuk itu, ia merasa penting memberikan semangat kepada para mujahid ilmu.

"Melalui kelompok inilah, melalui majelis ini kita dapat memperoleh ilmu yang menjadi bekal terbaik, dan insyaallah akan selalu diridai Allah SWT. Inilah pentingnya majelis taklim," katanya.

Majelis taklim menjadi tempat sederhana, namun memiliki manfaat besar, dan keberkahan bagi tiap diri individu maupun bagi orang-orang di sekitar. Foto: babelinsight.id

Majelis taklim juga menjadi sarana bagi individu dalam mencari ketenangan dalam jiwa, karena dalam setiap pertemuannya akan melafadzkan kalimat-kalimat zikir, yang telah dijanjikan memiliki manfaat untuk menenangkan hati, dan pikiran.

"Majelis adalah ladang ibadah bagi kita, karena di sini kita menjalin silaturahmi yang insyaallah tak terputus. Kita berdoa meminta ampunan, sekaligus memberikan keberkahan bagi diri kita sendiri, maupun untuk orang-orang di sekitar kita," katanya.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur