News


Selasa, 04 Juli 2023 01:38 WIB

Info Sosial

Suara Pemuda Penentu Arah dan Masa Depan Bangsa

Erzaldi menyebutkan jika pemuda generasi milenial dan gen Z berperan besar terhadap arah, dan masa depan bangsa. Foto: babelinsight.id.


Dari tangan-tangan anak muda akan menentukan keberlanjutan perjuangan pendahulu menggengam nama besar Indonesia di mata dunia.
______

Penulis: Fadjroel
Editor: Putra Mahendra


PEMUDA menjadi gerbong utama dalam menentukan arah kedaulatan dan kebesaran Indonesia ke depannya. Sebab, dari buah pemikiran, dan gerakan merekalah akan mengisi pengembangan majunya suatu bangsa, saat mereka menunjukkan perannya di masa datang.

Kalimat-kalimat penegasan tersebut disampaikan Erzaldi Rosman, saat menjadi pembicara pada Pelatihan Instruktur Dasar Pengurus Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Buya Syafi'i Maarif Kota Pangkalpinang, di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel), Senin (3/6/2023).

Pemuda perlu ambil bagian dalam perannya untuk membangun negeri. Tanah Air sedang berada pada fase bonus demografi, di mana generasi Z dan generasi Milenial adalah generasi emas, generasi yang akan melahirkan calon pemimpin Indonesia pada tahun 2045,"

Erzaldi Rosman

Gubernur Babel periode 2017-2022 dipercaya menjadi pembicara pada kegiatan Pelatihan Instruktur Dasar PC Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Buya Syafi'i Maarif Kota Pangkalpinang, Senin (3/6/2023). Foto: babelinsight.id


Oleh sebab itu, Erzaldi memberikan peringatan kepada para mahasiswa. Dari tangan-tangan mereka, katanya, akan menentukan keberlanjutan perjuangan pendahulu menggengam nama besar Indonesia di mata dunia. Salah satu peran langsung yang akan diambil oleh mahasiswa ialah Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Ada pesta yang sudah di depan mata, yang akan menjadi panggung terlibatnya kalian secara langsung dengan menciptakan, dan menyukseskan hajat demokrasi Pemilu 2024," kata Erzaldi.

Gubernur Babel periode 2017-2022 ini meyakini jika mahasiswa Muhammadiyah tak lagi gamang menghadapinya, karena sistim demokrasi telah dikenalkan dalam setiap pemilihan pemimpin organisasi internal kampus.

"Politik tidak terlepas pula dari regenerasi. Gen Z harus melek akan politik, di mana peran ini berpengaruh besar suaranya di era sekarang. Apalagi, bersama generasi Milenial, gen Z memperoleh porsi terbesar dalam daftar pemilih. Maka, suara pemuda sangat menentukan," kata pria yang saat menjabat Gubernur Babel, mampu membawa provinsi ini meraih Halal Award sebagai peraih Pemerintah Provinsi Halal Terbaik di Indonesia.

Berbicara kepemimpinan, dan gerakan berkeberadaban, sesuai tema yang diangkat, yakni "Penguatan Peran Instruktur Sebagai Ideologi Dalam Gerakan Berkeberadaban", seorang pemimpin harus mampu menjadi pengayom, dan menunjukkan tanggung jawab, sekaligus menyisir setiap dinamika di kelompok atau organisasinya.

"Jadikan demokrasi sebagai dasar tertinggi. Perpecahan, atau pecah belahnya suatu organisasi utamanya karena tidak adanya sifat menghargai pendapat masing-masing dari individu pengurus. Pun tidak ada ketegasan pemimpin untuk bersikap," kata Erzaldi.

Kebersamaan, kata Erzaldi, menjadi tingkatan kedua setelah demokrasi yang harus mampu dimiliki oleh setiap mahasiswa. Hal ini akan tertanam dengan baik jika dalam pergerakannya tidak sekadar sebatas aksi di lapangan, tetapi juga diisi dengan kegiatan rutinitas seperti kajian, dan diskusi.

"Nilai kebersamaan dalam organisasi itu sangat penting bagi kelangsungan berorganisasi di kampus. Kalian yang akan terlibat, kalianlah yang akan menentukan besarnya bangsa ini ke depan melalui pikiran, sikap, dan gagasan muda kalian," katanya.

Erzaldi disambut Rektor Unmuh Babel, dan pengurus PC IMM saat hadir menjadi pembicara pada pelatihan dasar kepemimpinan di Kampus Unmuh Babel. Foto: babelinsight.id


Baca juga:


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur