News


Selasa, 27 Juni 2023 18:53 WIB

Info Pilihan

Melati: Genre Jangan Takut Digantikan Robot

Ketua Dewan Pembina Gekraf Babel, Melati Erzaldi saat menjadi narasumber pada kegiatan GenRe/Foto: babelinsight.id


Menurut Melati Erzaldi, Genre yang beranggotakan pemuda usia 10 hingga 24 tahun ini mempunyai peran penting bagi pembangunan bangsa.
______

Penulis: Tedja Wahana
Editor: Putra Mahendra


BELUM juga sepenuhnya kita merengkuh era revolusi industri 4.0, dunia malah telah memasuki era society 5.0. 

Pada era 5.0 ini manusia dihadapkan pada berbagai tantangan dan permasalahan, dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0 yang berpusat pada teknologi.

Generasi muda, sebagai pemegang peran strategis dalam pembangunan negeri ini, diharuskan memiliki skil dan ketrampilan, di samping memiliki daya kritis yang tinggi dan karakter yang kolaboratif, kreatif dan inovatif sehingga dapat seiring sejalan dengan era yang mengedepankan pada keseimbangan antara manusia dan teknologi ini.

Harapan itu menjadi pesan yang disampaikan Ketua Dewan Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi dalam materinya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Webinar GENRE (GENerasi beREncana) Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melalui aplikasi Zoom Meeting, Selasa (27/6/2023).

Menurut Melati Erzaldi, GENRE yang beranggotakan pemuda usia 10 hingga 24 tahun ini mempunyai peran penting bagi pembangunan bangsa.

Melati Erzaldi memberikan tantangan kepada Gen Ranger untuk dapat mengiring Era Society 5.0 dengan skill dan kecerdasan emosi/Foto: babelinsight.id

Menurut sensus penduduk 2020 bahwa usia remaja menduduki 24 persen dari total penduduk di Indonesia. Jadi peran kalian tidak main-main, dan pemerintah harus fokus agar bagaimana kalian di usia ini harus produktif, positif optimis dan bisa bersaing,"

Melati Erzaldi


Oleh sebab itu generasi muda saat ini dituntut tidak hanya memiliki ilmu yang didapat dari pendidikan formal di sekolah atau kampus saja, tetapi juga harus membuka wawasan seluas-luasnya untuk menambah ilmu.

Dalam era society 5.0 ini, semua konsep masyarakat berbasis digital yang telah disiapkan pada era 4.0, untuk menyelesaikan masalah dan tantangan yang dihadapi. 

"Digital adalah menjadi keniscayaan, karena kalau tidak mengerti digital mungkin bakal tidak ngerti apa-apa, dan tereliminasi di dunia ini. Jadi kalian semua harus melek digital," tegasnya.

Dijelaskan juga oleh Melati, menurut konsultan McKinsey pada tahun 2030 nanti jutaan tenaga kerja manusia yang akan digantikan dengan robot dan sistim digital.

"Namun tidak perlu khawatir dan membuat kalian menyerah, kita masih bisa bersaing dengan seoptimal mungkin menangkap peluang-peluang yang ada ke depan. Karena pasti nanti juga akan muncul pekerjaan baru," jelasnya.

Selain skil dan keterampilan Melati Erzaldi juga mendorong para Gen Ranger (panggilan untuk para Genre) untuk memiliki kecerdasan emosi dan berkarakter baik, yang merupakan komponen penting dalam kesuksesan seseorang. 

Wirausaha Menjadi Salahsatu Usaha Menjawab Tantangan 5.0

Salah satu usaha untuk menjawab tantangan di era society 5.0 ini adalah para generasi muda didorong untuk memiliki jiwa entrepreneurship dengan membuka berbagai usaha yang kreatif dan inovatif. 

"Saya juga mendorong untuk Gen Rangers sekalian untuk mencoba atau membuka usaha sendiri, berwirausaha dengan usaha-usaha yang kreatif dan inovatif," harapnya.

Terlebih saat ini dalam dunia pendidikan, melalui kurikulum Merdeka Belajar yang mendukung, mendekatkan dunia pendidikan dengan dunia industri.

Bangka Belitung dijelaskan Melati, saat kepemimpinan Erzaldi Rosman mempunyai Perda Nomor 9 tahun 2018 tentang pengembangan ekonomi kreatif, untuk memberikan payung hukum bagi dan kemudahan bagi para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif.

Untuk menjadi seorang wirausaha sukses, diharapkan para pemuda ini juga untuk terus bergabung dalam lingkungan UMKM.

"Kalau kalian mau menjadi wirausaha hebat kalian harus bergaul atau berhubungan dengan lingkungan pengusaha atau entrepreneur. Sehingga semangat kalian akan terus tumbuh," jelasnya. 

Dengan kemampuan yang dimiliki ini, Melati Erzaldi berharap para pemuda khususnya Genre ini dapat terus bersaing menjawab tantangan ke depan.

Para Gen Ranger juga diharapkan oleh Melati Erzaldi untuk memiliki jiwa entrepreneurship/Foto: babelinsight.id


Baca juga:


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur