Lokal


Minggu, 25 Juni 2023 17:09 WIB

Belitung

Menilik Sumber Polen Lebah Di Ekowisata Bukit Pelabo

Ketua APIDA Babel Melati Erzaldi saat mencoba madu di Kawasan Ekowisata Bukit Pelabo/Foto: babelinsight.id


Polen atau tepung sari merupakan sumber protein bagi lebah madu. Polen ini dibutuhkan oleh lebah sehingga mempengaruhi kualitas maupun kuantitas madu yang dihasilkan.
_____

Penulis: Tedja Wahana
Editor: Putra Mahendra


SUMBER Polen inilah yang saat ini sedang diteliti oleh Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Institut Pertanian Bogor (IPB) di Ekowisata Bukit Pelabo, di kawasan hutan Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung

Disinyalir kawasan itu memiliki sumber polen yang melimpah dan berkualitas, untuk jenis lebah Apis Koschevnikovi atau lebah madu Koschevnikov, yaitu spesies lebah madu yang menghuni hutan Malaysia dan Indonesia.

Hal itulah yang membuat Erzaldi Rosman bersama Ketua Asosiasi Perlebahan Indonesia Daerah (APIDA) Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi menyambangi kawasan ekowisata Bukit Pelabo, Sabtu (24/6/2023).

Erzaldi dan Melati berbincang dengan peneliti dari IPB yang mengembangkan sumber polen lebah di Bukit Pelabo/Foto: babelinsight.id


Dijelaskan oleh Dosen dari Departemen Biologi IPB, Rika Raffiudin bahwa pihaknya dan tim tengah melakukan penelitian di kawasan Bukit Pelabo ini.

Kami sebagai dosen tugasnya adalah mendidik, merintis dan meneliti. Tahun pertama kemaren kami sudah datang ke sini bersama kurang lebih 30 dosen dari tujuh kelompok melakukan penelitian di Pulau Belitung. Dan kami dari bagian lebah salahs atunya meneliti di kawasan ini,"

Rika Raffiudin

Nantinya kawasan Bukit Pelabo ini akan dijadikan sentra perlebahan untuk lebah madu Apis Koschevnikovi.

Mendengar hal itu, Erzaldi Rosman mendukung kegiatan itu yang menurutnya akan sangat membantu khususnya dalam pemanfaatan perlebahan yang ada di kawasan tersebut. 

"Sangat bagus bu, apa yang telah dilakukan Tim IPB, tentunya akan sangat membantu dalam menggali potensi perlebahan di Bangka Belitung ini," ungkapnya.

Sebagai upaya untuk mendukung hal tersebut, Erzaldi berupaya membantu memfasilitasi penyediaan sarana prasarana yang dibutuhkan termasuk penyediaan infrastruktur kelistrikan. 

Sementara itu Ketua APIDA Babel Melati Erzaldi menjelaskan bahwa saat ini APIDA Babel tengah mendata dan melakukan pemetaan terhadap potensi-potensi perlebahan yang ada di Bangka Belitung, yang selanjutnya akan dibuat strategi dalam pengembangannya.

Sama dengan sang suami, Melati Erzaldi juga menyampaikan dukungannya terhadap apa yang telah dilakukan oleh IPB.

"Saya juga sangat mendukung kegiatan ini, semoga nanti, Bangka Belitung menjadi sentra perlebahan di Indonesia," harapnya.

Penelitian, menurut Melati sangatlah dibutuhkan untuk mengetahui spesies-spesies lebah penghasil madu yang ada di Bangka Belitung. 

"Dengan mengetahui spesies tersebut, kita bisa mengetahui bagaimana cara pengembangan perlebahan setiap daerah di Bangka Belitung," ujarnya.

Dengan demikian diharapkan nantinya Bangka Belitung akan menjadi negeri sejuta lebah. 

Turut hadir dalam kunjungan itu, Kades Keciput, Ketua kelompok madu Nirun Mandiri Sejahtera, dan Polisi Hutan di Kawasan Bukit Pelabo.

Erzaldi Rosman dan Melati Erzaldi yakin Bangka Belitung akan menjadi negeri sejuta lebah/foto: babelinsight.id


Baca juga:


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur