Lokal


Sabtu, 24 Juni 2023 23:22 WIB

Belitung Timur

Memetakan Potensi dan Persoalan Madu Bangka Belitung

Ketua APIDA Bangka Belitung, Melati Erzaldi saat mengunjungi Kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKM) Desa Kelubi, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim)/foto: babelinsight


Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan provinsi yang kaya akan sumber daya alamnya. Salah satu kekayaan itu adalah madu yang dihasilkan dari lebah madu liar maupun budidaya.
______

Penulis: Tedja Wahana
Editor: Putra Mahendra


MANGGAR - Dengan dibentuk dan dikukuhkannya Asosiasi Perlebahan Indonesia Daerah (APIDA) Kepulauan Bangka Belitung, yang menempatkan Melati Erzaldi sebagai ketuanya, diharapkan bisa menambah peluang bagi Bangka Belitung meningkatkan produksi perlebahannya. 

Dan salah satu program utama dari APIDA Bangka Belitung adalah cara identifikasi dan pemetaan kekuatan perlebahan yang ada. Oleh karenanya, Ketua APIDA Babel Melati Erzaldi bersama mantan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung periode 2017-2022, Erzaldi Rosman mengunjungi Kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKM) Desa Kelubi, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Sabtu (24/6/2023) guna mendata sekaligus melihat produksi perlebahan yang ada di tempat tersebut.

Bersama Kelompok Pemuda Pecinta Alam Desa Kelubi (KEPPAK) sebagai pengelola Batu Begalang (the magical forest), Erzaldi dan Melati berbincang berbagai hal khususnya untuk pemanfaatan peluang produksi perlebahan di tempat tersebut.

Selain madu, sirup buah kelubi juga merupakan hasil produksi di tempat ini/Foto: babelinsight.id

Kita ke sini untuk tahu lebih jauh lagi bagaimana budidaya ini bisa kita tingkatkan,"

Erzaldi Rosman


Permasalahan yang saat ini dihadapi yaitu untuk pengembangan vegetasi pohon sabagai sarana penghasil sarang madu dari lebah, menurut Erzaldi perlu ada penelitian secara akademis.

Sementara itu Ketua APIDA Babel Melati Erzaldi, kedatangannya adalah untuk data perlebahan yang ada di kawasan tersebut, khususnya pada HKM KEPPAK. 

Seperti program utama kita yaitu identifikasi pemetaan data perlebahan yang ada di Bangka Belitung. Dengan data-data yang lengkap dan baik itu, kita akan bisa melakukan strategi yang terbaik untuk meningkatkan produksi perlebahan kita,"

Melati Erzaldi

Di tempat itu, Erzaldi Rosman dan Melati Erzaldi juga berkesempatan untuk melihat dan mencoba berbagai atraksi wisata yang ditawarkan di tempat itu seperti menganyam tikar, mentudong, pijat urut, mencoba sirup buah kelubi, dan neran (nyeruput madu teran).

Ketua APIDA Babel Melati Erzaldi (kanan) bersama mantan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung periode 2017-2022, Erzaldi Rosman (kiri) mengunjungi Kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKM) Desa Kelubi, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Sabtu (24/6/2023) guna mendata sekaligus melihat produksi perlebahan yang ada di tempat tersebut.


Baca juga:


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur