News


Jum'at, 23 Juni 2023 16:16 WIB

Erzaldi Rosman

Allah Janjikan Ini, di 10 Hari Pertama Bulan Zulhijah

Ketua PW IPHI Babel Erzaldi Rosman memberikan khutbah saat salah Jumat di Masjid Nurul Ihsan, Desa Cit, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Jumat (23/6/2023). Foto: babelinsight.id

Keutamaan bulan yang telah diriwayatkan dalam QS. Al- Fajr: 1-3 ini, terdapat beberapa anjuran untuk memperoleh keridaan sang Pencipta, seperti puasa mulai hari pertama sampai hari kesembilan, berbakti kepada kedua orang tua, memperbanyak membaca Al-Qur'an, memperbanyak salat sunnah, sedekah, dan lainnya.

-----
Penulis: Fadjroel
Editor: Nekagusti

Sepanjang tahun yang telah digariskan Allah SWT, terdapat bulan-bulan penuh kemuliaan. Saat ini, umat muslim di seluruh dunia telah dihadapkan pada bulan Zulhijah, bulan terakhir penanggalan hijriyah yang memiliki keistimewaan, khususnya pada sepuluh hari pertama. 

Hari ini, bulan penuh keberkahan itu telah masuk pada hari keempat. Pada hari-hari inilah umat Islam sangat dianjurkan untuk melakukan, dan memperbanyak amal-amal kebaikan. Amal-amal kebaikan yang dilakukan di dalamnya, telah dijanjikan sang Illahi dilipatgandakan pahalanya.

Usai salat Jumat, Erzaldi mendapat kepercayaan dari masyarakat sekitar untuk meresmikan Masjid Nurul Ihsan yang ditandai dengan penandatanganan prasasti. Foto: babelinsight.id

"Marilah kita isi hari-hari yang mulia ini dengan berbagai kebaikan, dan ketaatan kepada Allah SWT," ujar Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) periode 2017-2022 Erzaldi Rosman, saat menjadi khotib salat Jumat di Masjid Nurul Ihsan, Desa Cit, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Jumat (23/6/2023).

"Pada sepuluh hari pertama bulan Zulhijah, terdapat hari paling utama sepanjang tahun, yaitu hari Arafah atau hari kesembilan Zulhijah. Pada hari Arafah, kita lebih ditekankan lagi untuk melakukan berbagai kebaikan, serta berpuasa, dan memperbanyak doa pada hari itu," kata Erzaldi.

Erzaldi yang juga didampingi istri, Melati Erzaldi dijamu untuk makan siang di salah satu rumah warga. Suasana keakraban, dan kebersamaan tampak nyata pada jamuan tersebut. Foto: babelinsight.id

Hal ini, lebih jauh disebutkan Ketua Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Babel, dikarenakan begitu banyak rahmat Allah yang turun pada hari Arafah, dan begitu banyak pengampunan dosa yang Allah anugerahkan kepada para hamba-Nya pada hari itu. 

"Hari Arafah juga adalah hari mustajabnya doa sebagaimana disabdakan oleh baginda Nabi Muhammad yang diriwayatkan hr. Imam Malik. Terakhir, kami sampaikan bahwa hari raya Iduladha juga adalah salah satu malam yang mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah," katanya.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur