Lokal


Sabtu, 17 Juni 2023 23:19 WIB

Bangka Barat

Kemabruran Seseorang Ditentukan dari Diri Sendiri

Ketua PW IPHI Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menghadiri Temu UMKM Syariah dalam rangka Harlah IPHI ke 33 Tahun 2023/Foto: babelinsight.id


Pihaknya dari PW IPHI Bangka Belitung hanya sebagai pencetus dan pendorong agar potensi-potensi umat ini dapat terus tergali.
______

Penulis: Tedja Wahana
Editor: Putra Mahendra


BANGKA BARAT - Dalam rangka untuk menjaga kemabruran seorang haji, ditentukan oleh bagaimana perubahan ke arah yang lebih baik, yang dilakukan mulai dari sendiri maupun di masyarakat. 

"Ketika kita ingin memajukan umat, termasuk memajukan ekonomi, kata kuncinya adalah perubahan. Dan perubahan ini harus dimulai dari diri sendiri," ungkap Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PW IPHI) Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

Pesan itu disampaikan Erzaldi Rosman kepada seluruh keluarga besar PW IPHI Kepulauan Bangka Belitung, pada acara Temu UMKM Syariah dalam rangka hari lahir (Harla) IPHI ke-33 yang dipusatkan di Kabupaten Bangka Barat, Sabtu (17/6/2023). 

Kegiatan Temu UMKM Syariah ini adalah upaya untuk menggali potensi-potensi para anggota IPHI yang notabene adalah para haji dan hajjah, sebagai peran serta kepada masyarakat sekaligus untuk menjaga kemabruran,"

Erzaldi Rosman

Dikatakannya bahwa, potensi UMKM itu merupakan penggerak ekonomi kedua terbesar di negeri ini. 

"Artinya ketika pemerintah memperhatikan UMKM, maka pemerintahan yang tepat dan insyaAllah pemimpinnya adalah pemimpin yang cerdas, karena memperhatikan UMKM," ungkapnya.

Ketua PW IPHI Babel Erzaldi Rosman saat mengunjungi bazar, salahsatu rangkaian kegiatan Harla IPHI ke 33/Foto : babelinsight.id


Pihaknya dari PW IPHI Bangka Belitung hanya sebagai pencetus dan pendorong agar potensi-potensi umat ini dapat terus tergali. Dan hal itu berpulang kepada niat para pelaku UMKM untuk meningkatkan usahanya. Terlebih Bangka Barat yang dikenal dengan brand Kota Seribu Kue ini. 

"Kami yakin apa yang ada di Kota Muntok sudah lama digali, jadi tepatlah PW IPHI mengambil peran di sini, Bangka Barat sebagai tuan rumah pertemuan UMKM Syariah di Bangka Belitung. Harapannya kita selalu bergandengan tangan dan memajukan UMKM, menjadi sesuatu yang memberikan manfaat bagi Banyak umat," harapnya.

Erzaldi juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dalam kegiatan ini, yang diberikan oleh kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Barat maupun ibu-ibu majelis taklim, untuk mendorong kebangkitan ekonomi masyarakat di Bangka Belitung.

Tak lupa Ketua PW IPHI Bangka Belitung, mengajak seluruh anggota IPHI untuk mendoakan para calon jemaah haji Bangka Belitung yang sedang melaksanakan ibadah haji di Makkah. 

"Kita doakan saudara-saudara kita yang sedang menunaikan ibadah haji, semoga berjalan dengan lancar, dan insyaAllah menjadi haji yang mabrur dan mabrurrah. Dan setelah kepulangan nanti mereka akan bergabung dan aktif di IPHI ini," harapnya.

Sebelumnya dalam laporan Ketua Panitia Harla IPHI Ke-33, yang sekaligus Ketua Pengurus Daerah IPHI Bangka Barat, Arsul Sani menyampaikan bahwa, berbagai kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan Harla IPHI tingkat Provinsi ini.

Selain Temu UMKM Syariah yang dilangsungkan ini, beberapa kegiatan seperti Safari Subuh, Safari Jumat, Bakti Sosial, Wisuda Santri, Senam Sehat dan Bazar juga dilaksanakan di beberapa kabutapen/kota di Bangka Belitung.

Acara puncak akan dilaksanakan hari Minggu ini dengan menggelar Silaturahmi Akbar Anggota IPHI Kabupaten Bangka Barat.

Arsul berharap agar kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini saja, tetapi terus dilakukan ke depan. Dirinya juga melaporkan kepada Ketua PW IPHI, bahwa jumlah haji di Bangka Barat sekitar 5000 orang. Setiap tahunnya masyarakat Bangka Barat yang menunaikan ibadah haji sekitar 100 hingga 150 jamaah.

Ketua PW IPHI Babel, Erzaldi Rosman berharap Temu UMKM Syariah sebagai peran IPHI untuk menggerakkan ekonomi umat/Foto: babelinsight.id


Baca juga:


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur