News


Jum'at, 12 Mei 2023 15:05 WIB

Erzaldi Rosman

Wasiat Rasulullah Jadi Pesan Erzaldi di Desa Nibung

Erzaldi Rosman menunaikan amanah sebagai khotib salat Jumat di Masjid Nurul Ikhsan, Desa Nibung, Kabupaten Bangka. Foto: babelinsight.id

Lima wasiat Nabi Besar Muhammad SAW menjadi pesan yang disampaikan Erzaldi Rosman saat menjadi khotib salat Jumat, di Masjid Nurul Ikhsan, Desa Nibung, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, Jumat (12/5/2023).
____

Penulis: Fadjroel
Editor: Putra Mahendra


Mengawali khutbahnya, Erzaldi menyebutkan jika ada sebuah hadits yang mengisahkan Abu Abbas Abdullah bin Abbas R.A, menjadi sosok yang menerima wasiat tersebut, dan juga untuk para kaum muslimin mengenai keyakinan.

"Pertama, jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Ini adalah pesan untuk berpegang teguh terhadap perintah-perintah Allah, dan tidak melanggar larangan-larangan-Nya, atau dengan kata lain, pesan untuk senantiasa taat terhadap syariat Allah SWT," katanya.

Kemudian, wasiat kedua Rasulullah yakni "Jagalah Allah, niscaya engkau akan mendapati-Nya bersamamu". Dari pesan itu, Allah menjamin akan selalu menjaga, dan memelihara umat kaum muslimin di manapun berada. Sebab, Allah merupakan sebaik-baiknya penjaga umat.

Dalam khutbahnya, Erzaldi menyampaikan 5 wasiat Rasulullah tentang keyakinan kepada Allah SWT untuk kaum muslimin. Foto: babelinsight.id

"Ini adalah keuntungan kedua apabila kita menjaga hukum, dan syariat Allah SWT. Allah senantiasa bersama kita, menolong, membela, dan melindunginya. Poin yang tersirat adalah, bahwa pertolongan Allah sangat erat kaitannya dengan aspek menjaga hukum dan syariat Allah SWT,"

Erzaldi Rosman

Jika meminta sesuatu, mintalah kepada Allah. Hal ini menjadi wasiat ketiga dari Nabi Muhammad yang disampaikan Erzaldi dalam khutbah tersebut. Wasiat ini berpesan agar kaum muslimin untuk senantiasa bersandar hanya kepada Allah SWT sebagai dzat yang maha mengabulkan segala doa, dan permintaan hamba-Nya.

"Keempat, jika meminta pertolongan, mintalah kepada Allah. Sebagaimana poin sebelumnya bahwa kita hanya boleh meminta kepada Allah, maka kita pun juga hanya boleh meminta pertolongan kepada Allah. Niscaya Allah SWT akan memberikan pertolongannya," katanya.

Usai salat Jumat, Erzaldi turut ikut dalam kegiatan nganggung di Desa Nibung, Kabupaten Bangka. Foto: babelinsight.id

Wasiat terakhir dari Rasulullah, atau yang kelima untuk umat muslimin yakni berkenaan dengan perbuatan yang diridai Allah. Wasiat ini menjadi "buah" dari meminta pertolongan hanya kepada Allah, karena hanya Allah yang bisa memberikan pertolongan, dan kemenangan.

"Oleh karenanya, jika suatu kaum atau satu organisasi, atau satu pasukan, atau satu negara sekalipun berniat untuk memberikan mudharat kepada kita, niscaya itu tidak akan pernah terjadi tanpa ada izin dari Allah. Kita hanya diperintahkan untuk berusaha, dan ikhtiar, adapun hasil diserahkan kepada Allah," kata Erzaldi.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur