News


Senin, 08 Mei 2023 10:57 WIB

Info Pilihan

Mengenal SOIna, Wadah Olahraga bagi Tunagrahita

Melati Erzaldi mengibarkan bendera SOIna saat dilantik menjadi Ketua SOIna Babel/babelinsight.id

Memberikan kesempatan bagi warga Tunagrahita untuk menjadi orang yang berguna dan produktif serta dapat diterima dan dihargai sebagai bagian dari masyarakat melalui olahraga.

Penulis: Nekagusti
Editor: Putra Mahendra

Special Olympics didirikan pertama kali pada tahun 1968 oleh Eunice Kennedy Shriver. Program Special Olympics telah menyebar ke seluruh dunia dan memberdayakan banyak warga Tunagrahita hingga menjadi manusia yang lebih produktif di dalam kehidupan bermasyarakat. Hingga tahun 2009 Special Olympics International telah mendata sebanyak 4 juta atlet Special Olympics yang tersebar di lebih dari 180 negara.

Special Olympics Indonesia atau SOIna adalah satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga Tunagrahita di Indonesia. Indonesia bergabung menjadi anggota Special Olympics ke-79 pada 9 Agustus 1989. Hingga tahun 2011 SOIna telah menjaring lebih dari 55.000 atlet yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia. 

Menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga sepanjang tahun bagi warga Tunagrahita, memberikan kesempatan yang berkesinambungan untuk membentuk fisik yang sehat, menunjukkan keberanian, merasakan kebahagiaan dan memperlihatkan kemampuan, keahlian dan persahabatan dengan keluarganya, atlet Special Olympics lainnya dan masyarakat. Merupakan visi dan misi yang diemban oleh SOIna.

Ketua umum PP SOIna Warsito Ellwein saat melantik Ketua SOIna Babel, Melati Erzaldi/ babelinsight.id

Program Utama SOIna adalah pelatihan dan kompetisi olahraga sepanjang tahun. Ada 7 cabang olahraga yang dibina yaitu Atletik, Bulutangkis, Tenis Meja, Sepak Bola, Bola Basket, Renang, dan Bocce. Kemudian, SOIna juga mengadakan kompetisi olahraga yang bertingkat mulai dari tingkat Kabupaten/Kota (PORCAB), Provinsi (PORDA), Wilayah (PORWIL), dan Tingkat Nasional (PORNAS).

SOIna Bangka Belitung

Nah, di Provinsi Bangka Belitung SOIna telah resmi terbentuk. Dan Melati Erzaldi didaulat untuk menjadi ketua pengurus periode masa bhakti 2022-2026.  Sebetulnya sejak tahun 2011, kegiatan olahraga yang melibatkan atlet disabilitas ini terus dilaksanakan, namun kepengurusan SOIna mulai berjalan di tahun 2022. Pada bulan Januari 2022 di GOR Sahabudin Pemprov Babel, SOIna menggelar Rapat Kerja (Raker) Kepengurusan Provinsi Kepulauan Babel dan persiapan pelantikan kepengurusan, yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung, Suharto, serta jajaran pengurus SOIna Babel.  

Di raker itu, Melati menyampaikan bahwa untuk membangun organisasi merupakan sebuah pesan besar dengan keinginan dan tujuan agar SOIna bisa eksis di Bangka Belitung, sehingga setiap orang yang terlibat di sini harus memiliki  kemampuan dan kemauan untuk menjadi jembatan bagi anak-anak disabilitas yang ada di Bangka Belitung. 

"Membangun organisasi merupakan sebuah pesan besar dengan keinginan dan tujuan agar SOIna bisa eksis di bangka belitung, menjadi jembatan bagi anak-anak disabilitas yabg ada di sini  sehingga kita harus benar-benar terlibat," Melati Erzaldi.

Tak hanya itu saja, saat itu, Gubernur Babel 2017-2022, Erzaldi Rosman sudah menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi atlet berprestasi akan mendapatkan besaran uang pembinaan yang sama dengan atlet umum, dengan besaran yang sama, tanpa membedakan. 

Pada tanggal 9 febuari 2022, Melati Erzaldi dinobatkan secara resemi sebagai Ketua SOIna Babel 2022-2026. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum PP SOIna, Warsito Ellwein di Ruang Mahligai Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Beragam prestasi pun mulai diukir mulai dari mengukuhkan dan melepaskan 27 orang untuk diberangkatkan ke Pekan Special Olympics Nasional (PESONAS) pertama di Semarang tahun 2022. dan pada perlombaan tersebut, Babel berhasil membawa pulang total medali sebanyak 14 medali yang terdiri dari empat medali emas, empat medali  perak dan enam medali  perunggu, yang mengartikan bahwa semua atlet yang dikirimkan dalam PerSONas 2022 berhasil membawa pulang medali. Dan Babel berhak berada di posisi 16 dari 22 provinsi peserta. Dan yang paling membanggakan SOIna Babel akan mengirimkan altletnya untuk bertanding mewakili Indonesia dalam Special Olympics Internasional di Berlin pada Juli 2023. 

Sumber: 
Special Olympics Internasional 
Special Olympics Indonesia


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur