News


Kamis, 06 April 2023 13:16 WIB

Melati Erzaldi

Kwarda Pramuka Babel Siap Menyukseskan Indonesia Emas 2045

Kak Melati menyerahkan palu sidang rapat pleno Rakerda Kwarda Pramuka Babel 2023 kepada Wakil Ketua Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum, Zaidan. Foto: babelinsight.id


Maksimalkan waktu yang ada untuk mengevaluasi program yang telah dijalankan selama 2022 hingga 2023.
______

Penulis: Fadjroel
Editor: Putra Mahendra


SEBAGAI gerakan yang memiliki tanggung jawab terhadap kepentingan, perkembangan negara, dan masyarakat Indonesia yang berkepribadian menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, Gerakan Pramuka sudah sepantasnya menyiapkan generasi muda yang profesional, dan proporsional.

Hal ini dikatakan Ketua Kwartir Daerah (Kakwarda) Gerakan Pramuka Bangka Belitung (Babel) Melati Erzaldi, sesuai dengan tema yang diusung dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pramuka Babel tahun 2023, yaitu mewujudkan sumber daya yang profesional, dan proporsional. Rapat kerja dilaksanakan di Aula Sekretariat Kwarda Pramuka Babel, di Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, Kamis (6/4/2023).

Kita harus memahami betapa pentingnya gerakan Pramuka. Betapa mulianya tugas kakak semua, tugas yang penuh dengan tantangan, apalagi dalam era globalisasi, di mana nilai-nilai kehidupan masyarakat kita telah berubah, dan terus berkembang," 

Melati Erzaldi

Melati Erzaldi membuka Rakerda Kwarda Pramuka Babel 2023 yang berlangsung di Aula Sekretariat Kwarda Pramuka Babel, di Komplek Perkantoran Pemprov Babel, Kamis (6/4/2023). Foto: babelinsight.id


Maka, melalui rakerda ini, Kak Melati berpesan kepada seluruh perwakilan kwartir cabang (Kwarcab) di seluruh kabupaten/kota di Babel yang hadir, untuk memaksimalkan waktu yang ada untuk mengevaluasi program yang telah dijalankan selama 2022 hingga 2023, dan bermusyawarah untuk mencurahkan pemikiran, gagasan, dan saran untuk menyinergikan program tahun 2023 maupun persiapan program tahun 2024. 

"Hendaknya kita merencakan bersama langkah-langkah strategis dalam persiapan menuju Indonesia Emas 2024. Dari semua program kerja Kwartir Daaerah Kepulauan Bangka Belitung, kita sudah melangkah tahap demi tahap melalui program-program kegiatan yang selaras dengan rencana strategis Gerakan Pramuka yang telah ditetapkan di musyawarah nasional," katanya.

Kak Melati menyebutkan, salah satu peran Pramuka Babel yang telah dilakukan untuk bangsa seperti sukses saat menjadi tuan rumah kegiatan Peransaka Nasional yang dihadiri 32 Kwarda se-Indonesia. Ia menganggap hal itu merupakan kesuksesan bersama. Namun, Kak Melati tidak ingin Kwarda Pramuka Babel berpuas diri sampai di situ.

Dalam rakerda yang dihadiri seluruh Kwarcab se-Babel itu, Kak Melati berpesan agar rencana program 2024 dapat selaras dengan langkah-langkah strategis dalam persiapan menuju Indonesia Emas 2045. Foto: babelinsight.id


Ia menekankan, dalam menyusun rencana program 2024 tersebut, harus menyelaraskan dengan titik-titik strategis seperti pencapaian Pramuka Garuda, penguatan satuan karya (Saka) berbasis job-creation, gugus depan yang terakreditasi, pembina yang berkompeten dan pengabdian masyarakat, serta perlu ditunjang dengan penguatan data-data yang valid, organisasi yang kuat, dukungan sarana dan prasarana, serta anggaran yang memadai.

"Mari kita manfaatkan rakerda ini untuk sebesar-besarnya menyusun program-program terbaik dalam gerakan kepramukaan kita. Insyaallah ini semua akan menjadi ladang ibadah, sekaligus amal jariyah untuk kita semua," kata Kak Melati.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur