Culture


Senin, 20 Maret 2023 09:32 WIB

Story

Willow Project Ditentang? Apa Bahayanya?

Para aktivis lingkungan yang turun tangan menyuarakan penolakan Willow Project/ foto:Twitter @RJLetsGo


Sedang ramai kampanye #StopWillow di media sosial termasuk Instagram dan Tiktok, apa pemicunya?

______

Penulis: Sabrina Amalia
Editor: Nekagusti

 

LEBIH dari 4 juta orang telah menandatangani petisi penolakan terhadap Willow Project yang banyak dikecam oleh baik para aktivis lingkungan maupun seluruh orang di dunia. 

Pada 13 Maret, Presiden Joe Biden telah menyetujui proyek pengeboran minyak dan gas di Alaska atau disebut juga Willow Project

Publik mempertanyakan sikap Presiden Biden tentang kebijakan seputar lingkungan hidup, keberlanjutan, dan tujuan iklim untuk menciptakan sektor listrik bebas polusi karbon pada tahun 2035 sebagai janji pemerintahannya.

Project yang memperparah kondisi bumi?

Menurut para aktivis lingkungan, Willow Project akan memperparah kondisi bumi yang juga sebenarnya sudah rusak, termasuk emisi gas rumah kaca, dan dampaknya terhadap satwa liar serta kehidupan penduduk asli Alaska.

ConocoPhillips sebagai perusahaan yang mengusulkan Willow Project ini menunjukkan bahwa proyek tersebut akan menciptakan sekitar 2.800 pekerjaan dan menghasilkan pendapatan hingga 17 miliar dolar untuk pemerintah federal dan negara bagian Alaska serta komunitas lokal Alaska, juga meningkatkan produksi energi dalam negeri, dan mengurangi ketergantungan negara pada minyak asing.

Minyak dapat merusak bulu beruang kutub, yang melindunginya dari lingkungan yang keras/foto: GETTY IMAGES


Proyek pengembangan besar-besaran ini mengubah sebagian wilayah Alaska utara menjadi fasilitas yang mampu memompa lebih dari 180.000 barel minyak per hari selama rentang waktu 30 tahun.

Awalnya, ConocoPhillips mengusulkan untuk mengoperasikan lima lokasi pengeboran, namun setelah berkompromi dengan aktivis anti-Willow akhirnya disetujui mencakup tiga lokasi di barat laut Alaska.

Setelah Willow Project ini disetujui, ConocoPhillips telah berupaya memproyeksikan infrastruktur pengeboran, mencakup 199 sumur minyak, pipa sepanjang 89,6 mil, ratusan mil jalan, jembatan, landai perahu, lapangan terbang, fasilitas pemrosesan pusat, dan lokasi tambang kerikil.

Mempersiapkan pertarungan

Sementara itu, organisasi lingkungan dan kelompok hukum bersiap untuk serangkaian pertarungan hukum untuk mencoba menunda pembangunan. 

Sekarang saatnya bagi warga negara yang peduli untuk menyuarakan pendapatnya, atau terlibat dalam mendukung upaya tersebut. Karena apa pentingnya pekerjaan dan uang ketika kesehatan planet berada dalam ancaman keseimbangan?

Sumber: Diolah dari berbagai sumber


Baca juga:


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur