News


Sabtu, 18 Maret 2023 16:46 WIB

Info Pilihan

Produk UMKM Babel akan Mejeng di Moskow Rusia

Ketua Dewan Pembina Gekraf Bangka Belitung, Melati Erzaldi saat mengikuti Konferensi Pers IRTTIF 2023 yang berlangsung di Sarinah Jakarta, pada Jumat, (17/3/2023) /foto: dokumen pribadi


Pada mini expo itu, diikuti lebih dari 15 perusahaan Indonesia, termasuk UMKM Bangka Belitung seperti Billiton Spice, Ketam Isi Adena, Ishadi Cual dan Sepiak Batik.
______

Penulis: Tedja Wahana
Editor: Putra Mahendra


JAKARTA - Beberapa produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan ikut serta dipamerkan dalam ajang Indonesia-Russia Trade, Tourism and Investment Forum (IRTTIF) yang akan digelar di Moskow, Rusia, pada 21-27 Mei 2023 mendatang. 

Kepastian itu didapat dalam konferensi pers IRTTIF 2023 yang berlangsung di Sarinah Jakarta, Jumat, (17/3/2023) pagi.

Ketua Dewan Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Bangka Belitung, Melati Erzaldi hadir langsung dalam konferensi pers, yang digabung dengan kegiatan mini expo produk-produk Indonesia pada 17-19 Maret 2023 di pusat perbelanjaan Sarinah Jakarta. 

Pada mini expo itu, diikuti lebih dari 15 perusahaan Indonesia, termasuk UMKM Bangka Belitung seperti Billiton Spice, Ketam Isi Adena, Ishadi Cual dan Sepiak Batik. 

Dikonfirmasi oleh Tim Redaksi babelinsight.id usai kegiatan tersebut, Ketua Dewan Pembina Gekraf Babel, Melati Erzaldi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan peluang besar bagi UMKM Bangka Belitung untuk promosi dan mendapatkan jejaring atau networking

Kegiatan ini peluang untuk mempromosikan produk UMKM kita. Selain bertemu duta besar dan perwakilan Negara Rusia, acara ini juga dihadiri oleh Kementerian Pariwisata dan Koperasi RI serta Kadin Pusat dan saya sempat bertukar pikiran, untuk membuka dan memperluas jejaring atau networking UMKM kita,"

Melati Erzaldi

Bahkan saat bertemu dengan Sekretaris Duta Besar (Dubes) Rusia, Alexander Tumaykin, Melati Erzaldi mengundangnya untuk berkunjung ke Bangka Belitung. 

Melati juga menyatakan kebahagiaannya melihat antusiasme para pengunjung dan tamu undangan khususnya ke booth UMKM Bangka Belitung. 

"Tak hanya melihat-lihat, para pengunjung dan tamu dalam kegiatan ini juga banyak membeli produk-produk kita," ungkapnya senang. 

Dijelaskan Melati, selain mini expo ini para pelaku UMKM Bangka Belitung tersebut juga berkesempatan untuk mengikuti IRTTIF yang akan digelar di Moskow, Rusia, pada 21-27 Mei 2023 mendatang. Seperti yang pernah diikuti oleh Billiton Spice pada tahun 2019 lalu. 

Diharapkan Melati melalui kegiatan ini, produk UMKM Bangka Belitung semakin dikenal dan menjangkau bukan hanya untuk pasar lokal, tetapi juga nasional maupun global. 

IRTTIF Perkuat Kontak Bisnis Antara Pelaku Usaha Indonesia dengan Mitranya dari Rusia 

Sementara itu dalam konferensi pers IRTTIF 2023, Senior Adviser panitia penyelenggara yang juga Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus tahun 2016-2020, Wahid Supriyadi menyatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk peningkatan kerja sama Indonesia dengan Rusia. 

“Langkah ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung peningkatan kerja sama Indonesia dengan Rusia dan mengembangkan, serta memperkuat kontak bisnis antara pelaku usaha Indonesia dengan mitranya dari Rusia,”  terangnya. 

Konferensi pers ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, dan Angkasa Pura II, serta Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia Yang Mulia Lyudmila Vorobieva. 

Perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan besarnya potensi wisatawan Rusia bagi Indonesia.

Perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM menyampaikan perlunya upaya promosi produk UKM ke luar negeri, seperti Rusia untuk dapat meningkatkan ekspor Indonesia. Duta Besar Lyudmila Borovieva menggarisbawahi besarnya potensi kerja sama Rusia dan Indonesia, termasuk di bidang perdagangan. 

Kegiatan lain yang dipersiapkan adalah made in Indonesia-made in Russia product showcase di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. 

Sementara itu, IRTTIF 2023 di Moskow, Rusia merupakan kegiatan utama Indonesia di Rusia dan direncanakan juga IRTTIF 2023 di Indonesia, yang merupakan kegiatan utama Rusia di Indonesia pada Oktober 2023. 

Indonesia memiliki hubungan baik dengan Rusia. Kedua negara juga memiliki potensi kerja sama yang besar di berbagai bidang, seperti ekonomi, perdagangan, pariwisata, investasi, dan sosial budaya. 

Di bidang perdagangan, Rusia sebagai pasar potensial bagi produk Indonesia di kawasan Eropa Tengah dan Timur. Di tengah perkembangan geoekonomi global yang dinamis saat ini, termasuk dampak pandemi Covid-19, nilai perdagangan Indonesia-Rusia meningkat dalam dua tahun terakhir. 

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan RI, nilai perdagangan Indonesia-Rusia tahun 2022 atau di masa pandemi Covid-19 sebesar US$ 3,56 miliar, naik 29,87% dari tahun 2021 sebesar US$ 2,74 miliar. Sementara itu tahun 2020 saat mulai pandemi Covid-19 sebesar US$ 1,93 miliar.


Baca juga:


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur