News


Jum'at, 10 Maret 2023 20:32 WIB

Erzaldi Rosman

Lestarikan Ruwah, Wariskan Tradisi

Erzaldi Rosman berpesan agar tradisi ruwah di Desa Teluk Limau, Bangka Barat terus dilestarikan dengan memperkenalkannya kepada generasi muda. Foto: babelinsight.id

Ruwah memiliki esensi untuk menghormati para tetua yang telah mendahului, memanjatkan doa untuk mendapatkan rida Allah SWT

------
Penulis: Fadjroel
Editor: Nekagusti


Untuk kesekian kalinya, Erzaldi Rosman mengunjungi Masjid Bustanul Jannah, Desa Teluk Limau, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat. 

Jika kunjungannya pada 23 Januari 2023 lalu untuk meresmikan masjid yang mulai dibangun pada 2018 lalu, juga ditandai dengan peletakan batu pertama oleh dirinya itu, Erzaldi kembali hadir memenuhi undangan warga setempat, Jumat (10/3/2023) hari ini.

Ia turut merayakan tradisi sedekah ruwah. Ratusan warga dari berbagai kalangan. Tua maupun muda memenuhi lingkungan masjid. Mereka melantunkan selawat Nabi, dan nganggung bersama dengan membawa dulang berisikan beragam lauk pauk, dan buah-buahan.

Erzaldi bersama warga menyantap makanan yang dihidangkan dalam acara sedekah ruwah di Desa Teluk Limau, Jumat (10/3/2023). Foto: babelinsight.id

"Saya mengucapkan selamat ruwah. Ruwah ini esensinya adalah untuk menghormati para tetua yang telah mendahului kita, memanjatkan doa untuk mendapatkan rida Allah SWT," kata Erzaldi.

Ritual membudaya
Tradisi ruwah yang dilaksanakan setiap menjelang puasa Ramadan dengan memanjatkan doa-doa bagi para tetua, maupun orang yang telah meninggal dunia ini, sudah menjadi sebuah ritual yang membudaya di Negeri Serumpun Sebalai. Untuk itu, Erzaldi berpesan agar tradisi ini terus dipertahankan.

Ratusan warga Desa Teluk Limau menggelar nganggung bersama dalam perayaan tradisi sedekah ruwah, di Masjid Bustanul Jannah. Foto: babelinsight.id

Tidak hanya itu, pesan lainnya juga disampaikan Gubernur Bangka Belitung periode 2017-2022 ini untuk para orang tua, pengurus masjid, maupun para tokoh agama Desa Teluk Limau. Tradisi ruwah harus terus dilestarikan, dan diperkenalkan kepada anak-anak. Ia merasa senang melihat banyaknya anak-anak yang hadir di acara itu.

"Pesan saya, ajarkan ruwah ini kepada mereka. Tidak hanya untuk menghormati orang tua atau leluhur, tetapi ruwah ini mengajarkan arti kebersamaan dan menjaga silaturahmi, sehingga kedepannya tradisi ini tidak hilang oleh zaman," katanya.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur