News


Selasa, 07 Maret 2023 10:35 WIB

Info Pilihan

Timah: Tarian Seksi antara Regulasi dan Kenceng Nasi

Kegiatan ngelimbang timah (foto: net)


Sekarang ini ada timbul bahasa baru antara regulasi dan periuk nasi. Herman menyampaikan kepada masyarakat harus bijak dalam menyikapi terkait hal ini.
______

Penulis: Dion
Editor: Putra Mahendra


TIMAH adalah anugerah dari Tuhan untuk masyarakat Babel dan untuk Negara Indonesia, maka dari itu, pemerintah harus mengatur regulasi dengan baik terkait hal ini

Dan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) adalah salah satu pulau penghasil timah terbesar di Indonesia. Namun, Babel juga dihadapi oleh persoalan seputar tata kelola yang belum baik terkait pertambangan.

Dengan demikian, hal inilah yang menjadi perhatian khusus oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Bangka Belitung, Herman Suhadi. 

Ia menjelaskan bahwa pengelolaan hilirisasi timah merupakan kebijakan dari Pemerintah Pusat untuk mendukung pengembangan terkait hilirisasi timah itu sendiri.

“Menurut saya, kawan-kawan dari AITI ini setuju dengan pengembangan hilirisasi timah, akan tetapi kita sebagai pemerintah harus siap terlebih dahulu,” ujar Herman Suhadi, Senin (6/3/2023).

Ia juga menuturkan bahwa sekarang ini ada timbul bahasa baru antara regulasi dan periuk nasi. Ia juga menyampaikan kepada masyarakat harus bijak dalam menyikapi terkait hal ini.

Timah adalah anugrah untuk masyarakat Babel dan untuk Negara Indonesia, maka dari itu pemerintah harus mengatur regulasi dengan baik terkait hal ini

Mari kita atur regulasinya, kita kelola dengan baik, kita beri kejelasan kepada masyarakat sehingga masyarakat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan itu dapat merasa tenang dalam mencari nafkah,"

Herman Suhadi

Dalam hal ini, Herman Suhadi juga menyarankan kepada Pj Gubernur Babel agar pro ke masyarakat apabila mengambil sebuah kebijakan.

"Saya sangat menyarankan, apapun kebijakan yang diambil oleh Pj Gubernur harus pro kepada masyarakat Babel," ucapnya.

"Sebentar lagi puasa, terus lebaran, perekonomian kita menurun akibat masyarakat tidak bisa bergerak di bidang pertimahan. Saran saya negara harus hadir untuk memberi solusi yang terbaik tentang pertimahan di Babel ini," pungkasnya.

Berharap Pemprov terbuka

Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi (kiri) dan Ketua AITI Babel, Ismiryadi (kanan) saat menggelar jumpa jurnalis (foto: ist)


Sementara itu, Ketua Asosiasi Industri Timah Indonesia (AITI) Ismiryadi alias Dodot menyinggung tentang regulasi yang dibuat oleh Pj Gubernur tentang timah.

Dodot meminta kepada DPRD Babel untuk mengadakan audensi dan meminta kepada Pj Gubernur untuk hadirkan regulasi yang jelas tentang penertiban-penertiban tambang yang tidak jelas.

Dodot menegaskan bahwa Undang-undang Nomor 3 tahun 2020 itu diterbitkan saat Ridwan Djamaluddin menjabat sebagai Dirjen Minerba bukan sebagai Pj Gubernur Bangka Belitung.

"Pj Gub menerbitkan Undang-undang Nomor 3 tahun 2020 itu sebagai Dirjen, tapi begitu datang ke sini Pak Ridwan Djamaluddin itu Pj Gub, bukan sebagai Dirjen, dia harus bicara dengan DPRD,  karena melibatkan masyarakat. Kalau menerapkan aturan Pusat ia sebagai Dirjen, pertanyaan saya bisa nggak dia membatasi dirinya, kalau jadi Pj Gub, antara regulasi dan kenceng nasi," kata Dodot.

Terkait dengan penertiban tambang dan yang lainnya, Dodot menanyakan tentang regulasi yang jelas yang dibuat oleh Pj Gubernur Babel.

"Tolong hadirkan regulasi yang jelas tentang penertiban-penertiban yang nggak jelas ini. Sebentar lagi mau puasa lohh pak, daya beli masyarakat turun, itu yang diharapkan Pj Gub? Pj Gub tidak dipilih oleh rakyat loh pak, yang dipilih rakyat itu DPRD loh, dia ditunjuk Presiden," tegasnya.

Pertanyakan kapasitas Ridwan

Terkait dengan penertiban tambang dan yang lainnya, Dodot menanyakan tentang regulasi yang jelas yang dibuat oleh Pj Gubernur Babel.

“Tolong hadirkan regulasi yang jelas tentang penertiban-penertiban yang nggak jelas ini," katanya.

Menurutnya, penegakan hukum tentang pertimahan ini tidak selaras dengan kebijakan yang disampaikan Pj Gubernur  ke DPRD Babel.

“Kami melihat ini tidak ada tugas pokoknya yang dilakukan bersama-sama oleh DPRD Babel, terutama mengenai pertambangan, Pak Gub berjalan sendiri dan DPRD hanya diam,” jelasnya dihadapan awak media, Senin (6/3/2023).

Ia menyinggung, setiap masalah pertimahan, AITI tidak pernah dilibatkan oleh Pj Gubernur. 

“Regulasinya mana yang mau diterapkan, dia datang ke tempat penggorengan timah itu sebagai Pj Gub apa Dirjen, kalau dia sebagai Pj Gubernur, Pergub mana yang dilanggar,” ungkapnya.

“Yang namanya penggorengan itukan untuk mengeringkan timah yang basah untuk mengetahui OC-nya, itu bukan pelanggaran kalau menurut saya,” tambahnya.

Dikatakan Dodot, Pj Gubernur tidak pernah kunjungan ke Sunghin, padahal di situ ada pos PT Timah, dan ada juga penggorengan.

"Kenapa pak Pj Gub tidak menanyakan atau sidak ke Pos PT Timah itu yang di Sunghin, kan di situ ada juga penggorengan timah," pungkasnya.


Baca juga:


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur