News


Minggu, 05 Maret 2023 21:02 WIB

Erzaldi Rosman

Mengenal Tradisi Leluhur di Desa Keretak, Ruwah Kubur

Erzaldi Rosman dan istri, Melati Erzaldi melayani para tamu berfoto bersama saat berkunjung ke Desa Keretak dalam rangka Ruwah Kubur. Foto: babelinsight.id

Desa Keretak, Kecamatan Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah, hari ini mendadak diramaikan oleh lautan manusia dari berbagai penjuru Pulau Bangka. Seluruh warga desa itu sedang bersuka cita.
----‐

Penulis: Fadjroel
Editor: Nekagusti

Lantas, ada apa di desa itu?

Hari ini, Minggu (5/3/2023) warga Desa Keretak merayakan sebuah tradisi yaitu Ruwah Kubur. Biasanya, tradisi yang sudah membudaya di desa ini digelar tiap tahunnya menjelang Ramadan, atau pada tanggal 12 Syaban. Seluruh warganya melakukan pembacaan Yaasiin, dan memanjatkan doa bersama di kuburan keluarga yang telah mendahului.

Ruwah Kubur Desa Keretak sudah tak asing bagi Erzaldi, yang telah turut menjalin silaturahmi bersama sejak ia menjabat Wakil, dan Bupati Bangka Tengah. Foto: babelinsight.id

Peringatan itu dilaksanakan pula tahun ini, di tahun 1444 H. Uniknya, mereka selalu merayakan Ruwah Kubur bak lebaran besar Idulfitri. Istilah open house pun dilakukan dengan membuka pintu bagi sanak saudara, rekan dan teman sejawat. Berbagai macam hidangan makanan dan minuman tersaji untuk para tamu.

Nah, tradisi ini lah yang tidak ketinggalan oleh Erzaldi Rosman, dan istri. Keduanya memenuhi undangan kerabat lama. Beberapa rumah disinggahi dengan mencicipi hidangan-hidangan yang telah disediakan tuan rumah. Suasana keakraban, dan kekeluargaan pun terlihat saat saling bertukar kisah.

Erzaldi dan Melati bersantap siang dengan hidangan tuan rumah yang merayakan Ruwah Kubur di Desa Keretak bersama tamu lainnya. Foto: babelinsight.id

"Sudah sejak lama ketika saya menjabat wakil bupati, bupati, bahkan saat gubernur lalu saya hadir di sini untuk merayakan Ruwah Kubur. Tradisi ini sangat baik yang tujuannya adalah untuk mempererat silaturahmi, selain untuk mendoakan leluhur," katanya.

Pada tahun ini, Desa Keretak maupun Keretak Atas melaksanakan perayaan dengan menyiapkan 1.500 dulang yang berpusat di Masjid Al-Ihsan, Keretak. Para tokoh agama, tokoh masyarakat, perangkat desa, dan warga juga mendengarkan tabligh akbar perayaan Ruwah Kubur.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur