Culture


Minggu, 05 Maret 2023 15:23 WIB

Story

Tradisi Bersih-bersih di Kampung Dul

Seorang anak membersihkan salah satu pusara di TPU Islam Desa Dul dalam kegiatan gotong royong. Foto: babelinsight.id


Gotong-royong membersihkan kawasan pemakaman ini merupakan agenda tahunan, yang sudah dilaksanakan secara turun-temurun di desa tersebut.
______

Penulis: Fadjroel
Editor: Putra Mahendra


PAGI itu, Erzaldi Rosman tampak bersemangat saat ikut berpartisipasi dalam kegiatan gotong-royong. 

Helai daun tua bersangga di tanah yang basah bermandikan hujan, satu-persatu dipungut. Bercucur keringat tak terpandang lelah dihela. 

Erzaldi turut membaur bersama ratusan warga Desa Dul, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah (Bateng) yang melaksanakan gotong-royong membersihkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Islam Desa Dul, Minggu (5/3/2023).

Baik tua, muda, remaja, bahkan para tokoh agama, tokoh masyarakat, Camat Pangkalan Baru, dan unsur TNI atau Babinsa dan Kamtibmas setempat memperlihatkan kebersamaan, dan keakraban. Ada yang membakar sampah, merapikan pepohonan, dan membuka lahan untuk perluasan area pemakaman.

"Hari ini saya bersemangat ikut gotong-royong dengan teman-teman, warga Kampung (Desa) Dul. Kami membersihkan lingkungan pemakaman dan pusara," ujar Erzaldi kepada babelinsight.id di sela-sela kegiatan.

Gotong-royong membersihkan kawasan pemakaman ini merupakan agenda tahunan, yang sudah dilaksanakan secara turun-temurun di desa tersebut. 

Erzaldi Rosman memberikan saran kepada pengurus TPU Islam Desa Dul Nasir, saat gotong-royong bersih-bersih pemakaman. Foto: babelinsight.id

Ini menjelang puasa Ramadan untuk menghormati para leluhur, atau para sesepuh, orang tua, maupun orang-orang yang telah mendahului,"

Erzaldi Rosman


Pengurus Yayasan Arrahman Arrahim Murat Samid, mengungkapkan jika Erzaldi Rosman bersama keluarga selalu menunjukkan kepedulian terhadap setiap kegiatan yang dilaksanakan desa tersebut.

Bahkan, di sela-sela gotong-royong, Erzaldi masih sempat melakukan peninjauan lahan perkuburan, dan memberikan beberapa saran untuk kerapihan TPU.

"Beliau ini (Erzaldi) ini memang orang yang dianut (Panutan) di desa ini. Beliau juga peduli dengan kegiatan Desa Dul, begitu juga dengan keluarganya. Selalu hadir kalau lagi ada di sini. Tadi beliau berpesan misalnya kuburan tua jadi perhatian dibuatkan jalan agar terawat, dan rapi," katanya.

Erzaldi meninjau lahan yang akan dibuka untuk perluasan area pemakaman TPU Islam Desa Dul. Foto: babelinsight.id


Usai gotong-royong, Erzaldi juga menyempatkan waktunya untuk berkumpul, bersenda gurau, dan menyantap sarapan sederhana yang disiapkan panitia. Ia juga membuka diskusi kecil bersama para pengurus pemakaman.


Baca juga:


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur