News


Jum'at, 10 Februari 2023 04:50 WIB

Nasional

Investasi Udang Vaname di Babel Menggairahkan Bukan Simsalabim

DR. Arief Febrianto, S.Pi., M.Si dalam 'Bangka Belitung Shrimp Confrence', Novotel Bangka Hotel and Convention Centre/foto : babelinsight.id

Perkembangan usaha budidaya udang Vaname sejak tahun 2019 hingga 2022 di Babel menunjukkan tren yang positif untuk mendukung investasi di daerah.

___

Penulis: Frizia
Editor: Putra Mahendra


PANGKALPINANG - Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Usaha Perikanan Budidaya dan Pengolahan Hasil Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, DR. Arief Febrianto, S.Pi., M.Si dalam "Bangka Belitung Shrimp Confrence" di Novotel Bangka Hotel and Convention Centre, Kamis, (9/2/2023).

Perkembangan ini tidak langsung simsalabim menjadi trend di Babel. Dukungan pun selalu diberikan, salah satunya kemudahan dalam mengurus perizinan usaha dibidang ini.

Kepala Bidang Pengembangan Usaha  Perikanan Budidaya dan Pengolahan Hasil Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung DR. Arief Febrianto, S.Pi., M.Si /foto : babelinsight.id

PP Nomor 5 Tahun 2021, telah mengatur perizinan yang dapat dilakukan by system melalui OSS, sehingga memudahkan pelaku usaha mendapat izin penyelenggaraan budidaya udang Vaname di Babel.

Inipun merupakan salah satu fungsi kontrol pemerintah daerah yang berupaya terus melakukan pembinaan dalam hal dukungan/mendorong investasi pelaku usaha yang tadinya belum legal menuju proses legal.

“Dalam hal ini tentunya kombinasi antara kewenangan masing-masing kabupaten/kota maupun provinsi hingga nasional (pemerintah pusat) yang sudah dilakukan dengan mempedomani regulasi yang sudah ditetapkan,”

Arief Febrianto

DKP Babel dalam upaya kontrol atas tingginya minat budidaya udang Vaname, selain mengacu pada PP Nomor 5 Tahun 2021, juga memudahkan perizinan yang tertuang dalam UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang telah disempurnakan dalam Perpu Cipta Kerja.

Antusiasme peserta dalam  'Bangka Belitung Shrimp Confrence'/foto: babelinsight.id

Sehingga klop sudah, ini menjadi hal yang positif untuk dukungan perizinan dan kemudahan berinvestasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepada babelinsigth.id, dia mengatakan keberlanjutan usaha dan investasi pada sektor perikanan sub bidang perikanan budidaya di Babel tentunya menjadi salah satu upaya membangkitkan ekonomi, yang sudah menunjukkan tren positif sejak tahun 2019 hingga 2022.

Terjadinya peningkatan jumlah investasi sektor budidaya ikan khususnya pada budidaya udang Vaname menjadi hal yang sangat penting, karena dapat mendorong pelaku usaha berproses menjadi legal.

"Dari sisi usaha ini menjadi dorongan karena dalam perjalanannya upaya pembinaan terus dilakukan juga oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Babel," jelasnya.

Dorongan inipun, lanjutnya, sudah sampai pada tahap bagaimana pelaku usaha mendapat pembinaan bagaimana budidaya dapat dilakukan dengan baik.

“Ini sudah terangkum dalam rangkaian perizinan tersebut,” jelasnya.

“Kami melihat tren yang luar biasa positif ini, tentunya perizinan sudah menjadi salah satu upaya Dinas Kelautan dan Perikanan untuk meng-update tren perkembangan dari budidaya perikanan pada udang Vaname,” tambahnya.

Dia berharap kemudahan perizinan dalam usaha budidaya ini akan menjadi upaya positif untuk investasi hulu di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur