News


Rabu, 18 Januari 2023 21:02 WIB

Ekonomi

Erzaldi Bicara Regulasi Pemerintah Terkait Lobster dan Benur

Erzaldi Rosman saat berdialog dengan para nelayan pendukung budidaya lobster di Banyuwangi/foto:babelinsight.id 


Erzaldi Rosman bersama owner Kampung Lobster Banyuwangi, Chandra Astan melakukan audiensi dengan para nelayan budidaya lobster di sekitar Banyuwangi, Rabu (18/1/23).
______

Penulis: Tedja Wahana
Editor: Putra Mahendra


BANYUWANGI - Ada alasannya Erzaldi Rosman bertukar pendapat dengan para pembudidaya.

Karena, apa yang telah dilakukan di sana, para pembudidaya berhasil menciptakan kondisi ekosistem budidaya lobster berkelanjutan dan mengutamakan lingkungan, seperti yang telah berhasil dikembangkan oleh Kampung Lobster Banyuwangi.

Di tempat itu, Erzaldi Rosman yang terkategori berhasil meningkatkan program kelautan dan perikanan di daerahnya, berdialog dan berbagi pengalaman dengan para nelayan pendukung usaha budidaya lobster di Kampung Lobster, seperti nelayan pencari kerang sebagai pakan lobster, pencari benur dan lobster sedang. 

Erzaldi Rosman dalam pertemuan itu mengatakan bahwa banyak tantangan yang dihadapi oleh para pembudidaya lobster. 

Bersama Chandra Astan Owner Kampung Lobster Banyuwangi, Erzaldi mendorong para nelayan untuk mendukung sustainable usaha budidaya lobster/foto: babelinsight.id 

Banyak tantangan ketika kita budidaya lobster ini, dari ketersediaan bibit, regulasi yang mengatur dan persaingan pasar,"

Erzaldi Rosman


Oleh sebab itu Erzaldi Rosman meminta dukungan penuh dari masyarakat pendukung budidaya lobster, sehingga usaha ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. 

Erzaldi Rosman yang pernah menerima penghargaan Satyalancana Pembangunan dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2019 itu, juga berharap, usaha budidaya lobster yang sangat memberikan dampak bagi pemberdayaan masyarakat ini harus didukung oleh pemerintah. 

"Yang harus dilakukan saat ini adalah pembukaan kembali ekspor benur dengan penguatan regulasi yang jelas, mendorong pembudidayaan dan terus meningkatkan riset atau penelitian untuk keberlangsungan komoditas lobster ini," jelasnya. 

Dengan semakin banyak usaha pembudidayaan lobster tentu akan semakin memberikan dampak positif bagi masyarakat. 

"Dengan semakin banyak usaha budidaya lobster tentu saja masyarakat yang diberdayakan juga akan semakin banyak. Dan tidak menutup kemungkinan masyarakat juga bisa membudidayakan secara mandiri melalui kelompok tani," ungkapnya. 

Butuh dukungan yang saling melengkapi antara pengusaha, para nelayan dan pemerintah dalam mengelola budidaya lobster/foto:babelinsight.id


Sementara itu owner Kampung Lobster Chandra Astan mengatakan ekosistem antara pengusaha budidaya lobster, masyarakat dan dukungan pemerintah adalah yang harus dikuatkan agar usaha ini dapat terus berkembang. 

"Ekosistem inilah yang harus kita kuatkan sehingga kita saling mendukung dan saling memberikan manfaat," ucapnya. 

Menurutnya usaha pembudidayaan lobster ini tidak akan maju ketika masyarakat dan pemerintah tidak saling mendukung.


Baca juga:


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur