Opinion


Rabu, 18 Januari 2023 12:37 WIB

BI View

Peringkat 1 Dunia, Indonesia Kecanduan Scrolling HP!

Ilustrasi seorang yang kecanduan hp/ foto: unsplash


Hasil riset dari data.ai menunjukkan, warga Indonesia menjadi orang nomer 1 di dunia sebagai masyarakat yang kecanduan scrolling handphone alias kecanduan gadget.

______
Penulis: Nekagusti
Editor: Septiadi

MASYARAKAT Indonesia kecanduan scrolling HP dan dalam laporan dari firma riset data.ai berjudul "State of Mobile 2023" dituliskan bahwa masyarakat Indonesia menghabiskan waktu lebih dari 5 jam untuk scroll handphone di jaringan seluler HP atau tablet, setiap harinya, sepanjang tahun 2022. 

Jika dirata-ratakan, di tahun 2022, waktu yang dihabiskan oleh masyarakat Indonesia untuk scrolling handphone adalah 5,7 jam per hari. Angka ini meningkat jauh dari tahun 2021 yang hanya 5,4 jam per hari.

Ternyata, pandemi Covid-19 menjadi waktu puncak di mana masyarakat Indonesia benar-benar kecanduan handphone dan selalu menghabiskan waktu hingga 5 jam untuk scrolling Hp. Hal ini karena seluruh masyrakat beralih ke era new normal. Yang sebagian besar kegiatannya menjadi online.

Padahal, jika dilihat di tahun 2019, waktu yang dihabiskan untuk scroll di dunia maya dilakukan masyarakat Indonesia hanya berkisar 3,9 jam per harinya.

Tak hanya indonesia yang masuk dalam daftar atas masyarakat yang menghabiskan waktu terbanyak dengan scrolling handphone, negara Arab Saudi, Brasil, Singapura dan Korea Selatan, ternyata juga terbukti menghabiskan waktu lebih dari 5 jam per hari.

Sementara itu, dilansir dari cnbcindonesia, tahun lalu McGill University Kanada merilis lebih dari 20 negara yang penduduknya kecanduan smartphone

Penelitian itu mengenai penggunaan smartphone pada hampir 35 ribu orang di 24 negara seluruh dunia dari tahun 2014 hingga 2020. Hasilnya penduduk China menempati urutan pertama untuk kecanduan ponsel, 

Apakah Indonesia termasuk di dalamnya? Ternyata dalam riset ini, Indonesia tidak ada dalam daftar tersebut.
Namun tak hanya Cina, negara Arab Saudi juga ditenggarai memiliki kecanduan handphone dengan jumlah 21 persen pengguna smartphone di negara itu mengalami kecanduan.

Selanjutnya,di peringkat ketiga sebagai masyarakat paling kecanduan smartphone. Untuk  Asia Tenggara hanya ada satu negara yang masuk dalam daftar yaitu Malaysia dalam urutan ketiga. Negara ini memiliki penambahan smartphone yang tinggi, dengan sebagian besar pengguna memilih ponsel Android.

Diolah dari berbagai sumber


Baca juga:


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur