News


Sabtu, 14 Januari 2023 04:45 WIB

Kapolda

Kapolda Disinggung Nelayan, Apa Kontribusi Bapak?

Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Yan Sultra mendengar curhatan masyarakat nelayan di Desa Batu Belubang, Bangka Tengah, saat menggelar acara Jumat Curhat guna menampung aspirasi masyarakat terkait kamtimbas/foto: babelinsight.id


Nelayan mempertanyakan sumbangsih aparat kepolisian kepada masyarakat yang ada di pesisir Pantai Batu Belubang.
______

Penulis: Dion
Editor: Putra Mahen


BATUBELUBANG - Di depan Kapolda Bangka Belitung (Babel), Irjen Pol Yan Sultra, masyarakat nelayan di Batu Belubang, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mempertanyakan beberapa hal kepada kepala polisi di Babel itu. Salah satunya, apa sih, kontribusi polisi kepada nelayan?

Curhatan datang dari seorang warga setempat, yang mempertanyakan sumbangsih aparat kepolisian kepada masyarakat yang ada di pesisir Pantai Batu Belubang, saat Kapolda menggelar Jumat Curhat, Jumat (13/1/23) di sana. Selain itu juga banyak curhatan masyarakat yang lainnya kepada Yan Sultra. Termasuk soal narkoba.

Berhubung Bapak Kapolda ada di sini, apa saja sumbangsih bapak terhadap kami selaku para nelayan ini?"

Andi

Mendengar hal tersebut, Kapolda langsung merespon dengan mengatakan bahwa pihaknya selalu berada di tengah masyarakat, yakni adanya polisi perairan, atau Polairud dan Bhabinkamtibmas di wilayah pesisir.

Tak hanya itu, sumbangsih lainnya yang dilakukan pihaknya, seperti menjaga dan memelihara kamtibmas bagi masyarakat di laut maupun di darat.

"Kemarin juga kita bantu waktu Covid-19, kemarin juga kita memberikan sembako, bantuan dari masyarakat bagaimana penyalurannya kami bantu. Sumbangsihnya memang tidak kelihatan, tapi tugas pokok kami bagaimana bapak ibu lancar bekerja di laut maupun di pesisir," ujar Kapolda Babel Yan Sultra.

Lanjut Kapolda, curhatan ini juga merupakan sumbangsih pihak kepolisian untuk membantu dan mengetahui permasalahan yang ada di masyarakat, khususnya di wilayah pesisir seperti di Desa Batu Belubang.

"Kalo ada masalah, kita carikan solusi baik, jika ada dengan pemerintah, sampaikan saja, nanti kami sampaikan ke yang berwenang," ungkapnya.

Sementara itu, dalam kegiatan Jumat Curhat kali ini, Kapolda turut didampingi oleh Dir Polairud dan Kapolresta Pangkalpinang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Kios Maritim Pantai Batu Belubang Kecamatan Pangkalan Baru Bangka Tengah, dengan dihadiri oleh sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat serta masyarakat nelayan yang ada di Batu Belubang.

Juga dengar keluhan narkoba

Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Yan Sultra mendengar curhatan masyarakat nelayan di Desa Batu Belubang, Bangka Tengah, saat menggelar acara Jumat Curhat guna menampung aspirasi masyarakat terkait kamtimbas/foto: babelinsight.id


Masih di lokasi yang sama, Kapolda juga mendapat curhatan soal dugaan adanya penyalahgunaan narkoba di wilayah tersebut.

Mendengar hal tersebut, Kapolda mengatakan bahwa masalah narkoba merupakan masalah dan musuh bersama.

Maka dari itu dengan adanya curhatan seperti ini, dirinya mengetahui bahwa masyarakat di Desa Batu Belubang memiliki masalah terkait narkoba dan pengaruh lingkungan.

"Tolong Kapolres dan Bhabinkamtibmasnya, datangi rumah warga tersebut, cek betul. Kami sampaikan juga bahwa masalah narkoba ini bukan hanya masalah di kita saja, tapi seluruh Indonesia, kebetulan masalah ini bukan hanya oleh kita namun ditangani badan penanggulangan di provinsi. Nanti kita bicarakan bersama-sama," ujar Kapolda Babel Yan Sultra.

Salah satu bahaya narkoba ini juga, dipaparkan oleh Kapolda jika sudah dicoba akan merusak fungsi dan saraf otak penggunanya.

Selain itu, lanjut Kapolda, semua hal-hal bagi penggunanya tersebut tidak ada logika dan dianggap benar, serta penggunanya akan melakukan apapun demi mendapatkan barang tersebut.

Bagaimana kita menanggulanginya bersama, benteng pertama adalah keluarga, kemudian peran RT dan RW. Kalo ada kumpul-kumpul yang mencurigakan cepat langsung telpon polisi, biar kita tangkap,"

Yan Sultra

Oleh sebab itu, jenderal bintang dua ini juga meminta Kapolres dan jajarannya untuk melakukan operasi dan patroli rutin di wilayah Desa Batu Belubang.

"Lakukan operasi, koordinasi dengan kepala desanya bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsanya. Tolong informasikan juga, jika ada yang mencurigakan biar kita bersihkan. Tidak ada cara lain. Semua berperan, tegur dan lapor polisi," pungkas Kapolda Babel.


Baca juga:


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur