News


Kamis, 12 Januari 2023 12:12 WIB

Info Pilihan

PPIR, Nilai Perjuangan dari Para Purnawirawan untuk Gerindra

Ketua Umum partai Gerindra Prabowo Subianto melaksanakan pertemuan bersama pengurus, dan anggota organisasi sayap partai Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya (PPIR), di Hambalang, pada 2019 lalu. Foto: twitter

"Kita sudah terjun ke masyarakat, bekerja seperti air mengalir. Kita panggil putra-putra bangsa untuk PPIR, dan sesuai dengan tugasnya, PPIR mengayomi, melindungi. Bekerja adalah dasar, kehormatan adalah segala-galanya bagi saya,"

H. Suharto
Kakorwil PPIR Babel

-------
Penulis: Fadjroel
Editor: Nekagusti

Mesin partai peserta kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang mulai dipanaskan. Masing-masing partai mulai bergerak untuk meyakinkan masyarakat menjatuhkan pilihannya ke partai, legislator, kepala daerah, maupun bakal calon presiden yang akan diusung atau didukung oleh mereka. 

Seluruh tim, mulai dari pengurus, dan anggota partai di tiap tingkatan dilibatkan, sekalipun sayap partai, dan simpatisan. Salah satunya partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang telah bergerak menjelang pemilu dengan melibatkan organisasinya, termasuk organisasi Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya (PPIR).

Apa PPIR itu?

Organisasi Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya atau PPIR, merupakan tim khusus kumpulan purnawirawan pasukan elit Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada angkatan darat, laut, dan udara. Organisasi ini ialah sayap partai Gerindra besutan Prabowo Subianto. 

Sejak terbentuk PPIR yang diinisiasi pada 2012 hingga saat ini, organisasi yang kini dipimpin oleh Mayjen (purn) Musa Bangun sebagai Ketua Umum telah beranggotakan lebih dari 120 ribu orang se-Indonesia. Tidak hanya dari purnawirawan TNI, anggota PPIR juga dari pensiunan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dan simpatisan yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia.

PPIR merupakan organisasi sayap Gerindra yang berasal dari kumpulan purnawirawan pasukan elit Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada angkatan darat, laut, dan udara. Foto: twitter

Apakah PPIR Ada di Babel, dan bagaimana kiprahnya?

Seiring berjalannya tahun, PPIR menyebar hingga di setiap sisi wilayah di Indonesia. Kehadiran PPIR pun merambah Bumi Serumpun Sebalai pada 2018 silam. Saat ini, PPIR dalam naungan Koordinator Wilayah (Korwil) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah berjumlah lebih dari 600 orang di 7 kabupaten/kota.

"Anggota PPIR semua bersifat purnawirawan, baik itu darat, laut, udara. Selain itu juga ada sinpatisan dari anak-anak, cucu mantan TNI/Polri, dan masyarakat yang pro Prabowo," kata Kakorwil PPIR Babel, H. Suharto, Kamis (12/1/2023).

Sejak pertama kali dipimpin oleh Kapten Selamet, PPIR Korwil Babel disebutkan Suharto telah bergerak ke banyak daerah hingga ke pelosok-pelosok demi memberikan efek positif atas kehadirannya. Ketika "tongkat komando" itu beralih ke dirinya saat disahkan sebagai Kakorwil PPIR Babel pada 15 Januari 2023 mendatang, Suharto siap meneruskan perjuangan.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur