News


Sabtu, 17 Desember 2022 16:55 WIB

Info Pilihan

Di Tanjung Pandan, Mamah Dedeh: Carilah Persamaan Bukan Perbedaan

Mamah Dedeh saat menyampaikan Tausyiah di Tanjung Pandan. Foto : babelinsight.id

Kita hidup di dunia ibarat bangunan, masing-masing punya fungsi tetapi tidak ingin menonjol. Mereka duduk di tempat masing-masing tapi bekerja sesuai fungsi masing-masing.
______

Penulis: Friz
Editor: Putra Mahen


TANJUNG PANDAN - Gema takbir "Allahuakbar... Allahuakbar... Allahuakbar" terpekik dari para jemaah Masjid Al Mabrur Tanjung Pandan Kabupaten Belitung menyambut kedatangan Mamah Dedeh, yang mengisi tausiyah di sana, hari Sabtu (17/12/2022).

Mamah Dedeh dengan gaya khasnya, menyampaikan tausyiah berkaitan Hari Ibu, dengan mengambil tema "Merajut Ukhuwwah Bersama Majelis Taqhlim, Syiarkan Dakwah Martabatkan Negeri". 

Jemaah Tabliqh Akbar Masjid Agung Al Mabrur Tanjung Pandan Kabupaten Belitung. Foto : babelinsight.id

Dari tema tersebut, Mamah Dedeh mengajak para jemaah menyimak dengan seksama ayat-ayat dalam Al Qur'an. Contohnya yang berkaitan dengan ukhuwwah atau yang berarti persaudaraan/kekeluargaan. Misal, Surat Al-Hujurat ayat 10, ayat ini menjelaskan untuk damaikan manusia yang bertikai. 

Mengapa manusia bermusuhan karena mereka digoda setan. Kata Allah, damaikan yang bertikai di antara kalian,"

- Mamah Dedeh -

Lalu dalam Surat Al-Baqarah ayat 35 menceritakan tentang Adam dan Hawa yang diberi kenikmatan di surga tetapi tergoda untuk melanggar larangan Allah. Setan/iblis menggoda manusia, seperti juga dalam Surat Thoha ayat 120. 

"Adam dan Hawa tergoda dengan setan untuk mencoba buah qolbi, belum sampai di perut, baru sampai di tenggorokan, Adam dan Hawa diturunkan ke dunia dipisahkan karena godaan setan," jelasnya.

Doa bersama Jemaah Tabliqh Akbar Kabupaten Belitung. Ketua IPHI Babel Erzadi Rosman mendampingi Ketua PW BKMT Babel Melati Erzaldi dan Mamah Dedeh. Foto : babelinsight.id

Mamah Dedeh mengingatkan kepada para jemaah bahwa ibadah yang diterima Allah SWT syaratnya ada 2, yaitu ketaatan ibadah yang ikhlas karena Allah, dan yang sesuai/yang diperintahkan. 

"Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Maksudnya, kita cari persamaan bukan perbedaan," tegasnya. Dan tausyiah diakhiri dengan sesi tanya jawab dari jemaah kepada Mamah Dedeh.

 BKMT maju dan jaya

Ketua PW BKMT Babel Melati Erzaldi menyampaikan sambutan di Masjid Al Mabrur. Foto : babelinsight.id

Di sana juga tampak hadir Melati Erzaldi selaku Ketua BKMT Babel sekaligus penggagas tabligh akbar, didampingi Wakil PW BKMT, Laksmi Darmayani Abdul Fatah beserta Ketua PD BKMT Belitung, Ade. Tampak pula Ketua IPHI Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, yang mendampingi sang istri Melati Erzaldi tiba di masjid yang terletak di Desa Pangkalalang Tanjung Pandan tersebut.

Melati dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran Mamah Dedeh di Pulau Belitung adalah titik ke tiga roadshow di Bangka Belitung. Sebelumnya, dua titik di Pulau Bangka yaitu Bangka Selatan dan Bangka Tengah. 

Foto bersama Mamah Dedeh dengan Pengurus PW BKMT Babel, PD BKMT Belitung, Ketua IPHI Babel dan Pengurus Masjid Agung Al Mabrur Tanjung Pandan. Foto : babelinsight.id

"Hari ini kami terbang dari Pulau Bangka ke Pulau Belitung untuk melanjutkan roadshow tausyiah Mamah Dedeh di Tanjung Pandan dan Manggar, alhamdulillah kita bertemu di Masjid Agung Al Mabrur siang ini," sambut Ketua PW BKMT Babel. 

Melati bersyukur PD BKMT Belitung dan Belitung Timur telah terbentuk beberapa bulan yang lalu, sehingga hari ini juga bisa dengan lancar mengadakan tabliqh akbar yang dihadiri Mamah Dedeh sebagai tokoh agama perempuan berskala nasional.

"Semoga kita selalu menjadi umat-Nya yang terbaik, aamiin. Dan akan mendapatkan safaatnya hingga akhir zaman, aamiin," doanya usai bersalawat bersama.

Baca juga:


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur