News


Jum'at, 09 Desember 2022 00:16 WIB

Erzaldi Rosman

Membangun Masjid Itu Mudah, tapi Memakmurkannya tak Mudah

Pada sambutannya, Erzaldi selaku Ketua IPHI Babel menitipkan program "Bank Infak" yang dapat dijalankan di masjid Al-Ikhlas, untuk menyalurkan sedekah langsung kepada jemaah yang membutuhkan. Foto: babelinsight.id

"...Jadikanlah masjid ini tidak hanya untuk beribadah saja, tetapi jadikan juga sebagai tempat untuk membangun peradaban besar Islam, agar lebih beradab,"

Erzaldi Rosman
Gubernur Babel Periode 2017-2022
______

Penulis: Fadjroel
Editor: Putra Mahen


Tabuhan bedug sebanyak 17 kali yang diartikan pula sebagai total dari rakaat dalam salat wajib lima waktu, menandai resminya bangunan baru Masjid Al-Ikhlas yang berlokasi di Kelurahan Air Salemba, Kota Pangkalpinang, Kamis (8/12/2022) malam.

Tokoh masyarakat sekaligus Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, menjadi salah satu saksi resminya masjid tersebut dengan melakukan 4 kali tabuhan bedug. Ia merasa bangga dipercayakan jemaah masjid untuk turut meresmikan rumah ibadah itu.

Ia juga mengajak para jemaah masjid, dan kelompok majelis taklim yang hadir malam itu untuk bersyukur telah terpilih menjadi orang-orang yang telah dipercayakan Allah SWT untuk membangun masjid, sehingga masjid tampak indah, dan nyaman. Hal ini, menurut Erzaldi tidak terlepas dari kelompakan jemaah untuk memakmurkan masjid.

Erzaldi mengajak jemaah Masjid Al-Ikhlas bersyukur karena telah menjadi orang-orang terpilih untuk menyedekahkan sebagian hartanya untuk pembangunan, dan kemakmuran masjid. Foto: babelinsight.id

Kita bersyukur bahwa kita adalah orang-orang yang dipilih oleh Allah SWT untuk berinfak, meringankan sedekah. Tetapi, siapapun yang sudah terpilih karena telah menyedekahkan ini, semata-mata proses dari suatu pembelajaran,"

- Erzaldi Rosman -

"Proses yang utama sekali adalah bagaimana orang tua mendidik kita, mendidik anak-anak menjadi orang-orang terpilih untuk bersedekah. Masih banyak orang-orang enggan bersedekah, sekalipun dia mampu," katanya menambahkan.

Masjid yang dibangun dengan total anggaran berkisar Rp1,4 miliar tersebut, kata Erzaldi, kini telah menjadi tanggung jawab bersama. Setiap individu, tidak hanya pengurus, harus memiliki rasa kecintaan terhadap masjid itu. Sehingga, Masjid Al-Ikhlas mencerminkan keindahan Islam di mata luar, dengan menunjukkan kekompakan antar jemaahnya.

"Membangun masjid itu mudah, tetapi untuk memakmurkannya perlu perjuangan bagi jemaah masjid. Jadikanlah masjid ini tidak hanya untuk beribadah saja, tetapi jadikan juga sebagai tempat untuk membangun peradaban besar Islam, agar lebih beradab," katanya.

Erzaldi Rosman hadir sekaligus turut meresmikan bangunan Masjid Al-Ikhlas, Kelurahan Air Salemba, Pangkalpinang, Kamis (8/12/2022) malam. Foto: babelinsight.id

Pada kesempatan itu juga, Erzaldi membuka jalin sinergitas antara pengurus masjid, dengan IPHI Babel yang ia pimpin. Satu program IPHI yang ditawarkan yakni bank infak. Dijelaskan Gubernur Babel periode 2017-2022 itu, bank infak adalah sarana untuk dapat menyalurkan hasil infaknya kepada orang-orang yang membutuhkan.

"Bank infak inilah yang akan memudahkan segala sesuatu untuk jemaah masjid di sini. Berapa yang diinfakkan, langsung disalurkan jangan diendap. Jadi nanti, jangan bangga kotak amal masjid besar jumlahnya, karena itu hak orang yang harus langsung kita salurkan," katanya.

"Sistimnya nanti contohnya, siapa yang membutuhkan, harus dijelaskan kebutuhannya seperti untuk membuat kue. Bagaimana hasil dari sini (usaha yang digeluti), dia dapat berinfak lagi. Syaratnya nanti orang itu harus menjadi jemaah masjid ini, bisa mengaji, begitu mudahnya," katanya.

Ia berharap masjid Al-Ikhlas akan terus menjadi pusat peradaban Islam, dengan memperbanyak kegiatan-kegiatan Keislaman seperti selawat, pengajian, kajian, ceramah agama, termasuk pendidikan Islam yang menyentuh usia dini. Sehingga, masjid tersebut mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

"Mudah-mudahan masjid ini menjadi makmur, lebih baik. Insyaallah umat Islam di sini lebih kompak dalam salat berjemaahnya, dan ilmunya pun dapat lebih bertambah. Kalau ilmu bertambah, insyaallah imannya pun bertambah," katanya.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur