Culture


Jum'at, 18 November 2022 10:05 WIB

Food & Recipes

Ada Selada Bangka, di Jamuan Makan Tingkat Dunia..

Selada Tahu khas Bangka/ foto:grid

Nah, menariknya pada jamuan makan ini, seluruh makanan spesial dari nusantara juga dihadirkan. Iya..termasuk makanan dari Bangka Belitung. Selada Udang Bangka dan Selada Tahu Bangka menjadi makanan pembuka yang terpilih dari Negeri Serumpun Sebalai

--------

Penulis : Nekagusti

Editor: Septiadi

KTT G20 telah usai digelar di Bali setelah ditutup secara resmi oleh Presiden Jokowi pada Rabu (16/11/2022) sore. Namun, acara yang menuai decak kagum dan menumbuhkan kebanggan masyarakat seluruh Indonesia masih juga menajdi sorotan.

Salah satunya dalam event internasional KTT G20 di Nusa Dua, Bali, digelar dua kali jamuan makan yang menyita perhatian publik. Pertama, saat makan siang dan kedua saat gala dinner. Ternyata banyak masyrakat yang penasaran dengan  menu makanan yang disantap oleh para delegasi negara peserta KTT G20.

Terbagi menjadi dua


Mengutip dari laman Instagram resmi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, pada santap siang peserta KTT G20 di Bamboo Dome di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, menu makanan yang disajikan ternyata ada dua jenis.

Pada santap siang jenis pertama yakni non vegetarian, yang terdiri dari menu pembuka, utama, dan penutup. Adapun menu makanannya adalah selada udang bangka, cumi bumbu rujak, sate pusut Mandalika untuk menu pembuka.

Sementara itu, untuk menu makanan vegetarian bagi peserta delegasi KTT G20 ada selada tahu bangka, bunga labu bumbu rujak, serta sate pusut nangka Mandalika untuk menu pembukanya.

Selada Bangka memang terkenal dengan rasa segarnya saat disantap, tak heran jika menu masakan ini menjadi pilihan untuk dihadirkan kepada tamu dan delegasi dunia di KTT G 20.

Nah, bagi kalian yang penasaran, jangan khawatir karena kalian bisa membuta sendiri menu Selada Udang atau Selada Tahu khas Bangka ini, cek resepnya

SELADA UDANG DAN TAHU BANGKA

selada udang dan tahu khas Bangka/ foto:cookpad

Bahan:

Saus (bahan 1), haluskan:  

6 buah cabai merah

100 g gula merah, sisir

50 g gula pasir

½ sdm terasi Bangka *)

1 sdt garam

Saus (bahan 2):

200 g kacang tanah, sangrai, buang kulitnya, haluskan

25 g ebi, rendam hingga mengembang, tiriskan, haluskan

250 ml santan, dari 1 butir kelapa parut

2 sdm cuka

Isi:

350 g kentang, iris melintang tipis, goreng kering

300 g mentimun, kupas, buang bijinya, serut kasar

200 g wortel, serut kasar

200 g udang (rebus terlebih dahulu)

200 g tahu (kukus atau goreng terlebih dahulu)

10 lembar daun selada kampung, iris kasar 2 cm

8 lembar daun kol, buang tulang daunnya, iris melintang tipis

3 butir telur ayam, rebus, iris melintang tipis

1 sdm minyak sayur

Cara Membuat:

  • Saus: Panaskan minyak, tumis bahan 1  hingga harum. Masukkan kacang tanah dan ebi, tumis hingga ebi harum. Tuangi santan, aduk hingga mengental. Angkat.
  • Tuangi cuka, aduk rata. Sisihkan hingga tidak lagi panas.
  • Aduk bahan isi dan bagi dalam 6 piring saji. Tuangi saus. Sajikan.


*) Terasi Bangka: Disebut juga  belacan. Terbuat dari fermentasi udang calok atau rebon (udang kecil). Aroma  tajamnya khas. Jika tidak ada, ganti dengan terasi dari daerah lain. 

Diolah dari berbagai sumber


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur