News


Kamis, 17 November 2022 17:30 WIB

Melati Erzaldi

Pertama! Rakerwil BKMT Babel, Syiar dan Dakwah untuk Ukhuwah

Ketua PW BKMT Babel, Melati Erzaldi membuka Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) BKMT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2020/ foto: babelinsight

"Berlapang-lapanglah dalam majelis,  niscaya Allah SWT akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan" 

Q.S Al Mujadillah ayat 11-12
____

Penulis: Nekagusti
Editor: Putra Mahen


Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) BKMT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibuka dengan pembacaan Surah Al Mujadillah ayat 11-12, sebagai pengingat bahwa majelis ilmu merupakan salah satu tempat yang paling disukai Allah SWT.

Hal tersebutlah yang mendasari Ketua PW BKMT Bangka Belitung Melati Erzaldi, mengumpulkan majelis-majelis ilmu di Babel. Dan untuk pertama kalinya Rakerwil BKMT dilakukan di Bangka Belitung. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis (17/11/2022) di aula BPMP Bangka Belitung ini, merupakan wadah untuk menginformasikan program kerja sesuai dengan hasil rapat kerja nasional (rakernas). Selain itu juga menjadi media untuk berkoordinasi dan berkonsultasi mengenai program-program yang direncanakan ataupun yang sudah dijalankan. Dan juga sebagai pengingat dan jalan keluar untuk masalah dan juga isu-isu sosial yang ada di Bangka Belitung.

Ketua PW BKMT Babel, Melati Erzaldi mengatakan bahwa program kerja yang dibuat berdasarkan hasil Rakernas dan disesuaikan dengan kondisi dan potensi wilayah masing masing. 

Ketua PW BKMT Babel, Melati Erzaldi bersama stakeholder terkait/ foto: babelinsight

Sinergitas untuk berkontribusi

Dengan adanya sinergitas akan menggerakkan langkah BKMT menjadi semakin terarah dan terpadu, sehingga akan memberi manfaat kepada anggota dan juga ke masyarakat secara umum.

Melati pun berpesan untuk membentuk pengurus cabang BKMT agar dapat berkoordinasi untuk program kerja yang bersinergi dan berkontribusi. 

Dan, untuk mewujudkan peran BKMT, pengurus daerah dan cabang dapat koordinasi dan bekerjasama dengan baik dengan seluruh tokoh masyarakat. Salah satunya menyambut baik, program dari Kemenag yang menyediakan bantuan dana bagi majelis taklim. 

Meningkatkan sumber daya manusia, menjadi jalan kebaikan bagi sesama, dan mencegah bencana moral bagi anak-anak muda, menjadi tujuan BKMT ada di Bangka Belitung. 

Seluruh peserta Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) BKMT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2020/ foto: babelinsight

"Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, selalu menyebarkan manfaat dan energi yang positif bagi umat," 

- Melati Erzaldi-

Sementara itu, Kakanwil Kemenag yang diwakili oleh Kabid Bimbingan Masyarakat Islam Drs. Abdul Aziz, MA dalam sambutannya mengatakan bahwa BKMT adalah induk dari segala majelis taklim. Bahkan pihaknya memberikan dana bantuan untuk opersional majelis. 

"Silakan bagi majelis-majelis untuk dapat memberikan proposal ke Kemenag Babel, setelah diseleksi InsyAllah terdapat bantuan dana bagi  majelis, tidak besar, sekitar 5-10 juta rupiah, namun dapat membantu operasional majelis," katanya.

Dengan adanya rakerwil ini ke depannya BKMT diharapkan dapat melibatkan penyuluh dari Kemenag untuk membantu menyosialisasikan program keagamaan.Rakerwil ini dihadiri oleh masing-masing perwakilan dari kabupaten dan kota se-Provinsi Bangka Belitung.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur