News


Rabu, 16 November 2022 18:45 WIB

Melati Erzaldi

Cantik Itu adalah Tentang Kecerdasan dan Perilaku

Bunda Melati memberkan rahasia bagaimana Upgrade Brain, Beauty dan Behavior di Kampus Biru/Foto: babelinsight.id

Melati Erzaldi menyampaikan bahwa brain (kecerdasan), beauty (kecantikan) dan behavior (perilaku) adalah merupakan kesatuan.
____

Penulis: Tedja Wahana
Editor: Putra Mahen


Melati Erzaldi, sebagai Ketua SOIna atau Special Olympics Indonesia Kepulauan Bangka Belitung, menjadi pemateri dalam kegiatan diskusi interaktif yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Universitas Bangka Belitung (UBB) berkolaborasi dengan Jurusan Hukum, Fakultas Hukum UBB di Ruang Akustik, Gedung Timah 1, Fakultas Hukum, Universitas Bangka Belitung, Merawang, Kabupaten Bangka, Rabu (16/11/22) 

Diskusi interaktif tersebut mengangkat tema "The Upgrading of Brain, Beauty, and Behavior to Human Intellegence for The Future".

Bunda Melati (panggilan akrabnya) saat memberikan materi di hadapan para peserta yang merupakan mahasiswa-mahasiswi Universitas Bangka Belitung itu menyampaikan bahwa brain (kecerdasan), beauty (kecantikan) dan behavior (perilaku) adalah merupakan kesatuan. Akan tambah sempurna dengan ditambah kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. 

Kecantikan itu satu kesatuan

Bunda Melati saat menyampaikan materi dalam Diskusi Interaktif di Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung/Foto: babelinsight.id

Kecantikan secara harafiah, menurut Bunda Melati adalah relatif yaitu penilaian seseorang terhadap seseorang. Dan beauty bukan hanya secara harafiah saja tetapi juga beauty dari dalam. 

 Kalau kita bicara beauty kita tidak bicara secara harafiah saja tetapi juga kecantikan dari dalam. Beauty bagi saya adalah satu paket lengkap kecerdasan wawasan dan performa yang ditampilkan atau dilihat,"

- Melati Erzaldi - 

Saat ditanya bagaimana mengatasi rasa insecure yang kadang dimiliki oleh seseorang, Bunda Melati menilai bahwa insecure adalah persepsi terhadap diri sendiri. 

"Insecure adalah penilaian terhadap diri sendiri. Untuk mengatasi hal itu kita harus mencintai diri sendiri (self love) dan mengaktualisasi kemampuan yang kita miliki," sebutnya. 

Soal rahasia kecantikan, Bunda Melati membeberkan bahwa kecantikan itu adalah karunia Allah SWT. 

"Bagaimana kita secara utuh menjaga kesehatan. Tidak hanya minum vitamin saja, tetapi bagaimana menata pola hidup sehat dan berolahraga, karena olahraga akan meregenerasi se-sel tubuh," ungkapnya. 

Sedangkan kecerdasan dapat di-upgrade bukan hanya melalui pendidikan saja tetapi juga dengan meningkatkan wawasan maupun kapasitas melalui kegiatan-kegiatan workshop seperti yang dilakukannya itu. 

Kedepankan pendidikan karakter

Saat foto bersama dengan para peserta yang merupakan mahasiswa-mahasiswi Universitas Bangka Belitung/Foto: babelinsight.id

"Kita juga harus meningkatkan skill dan kemampuan, serta bagaimana menyerap dan mengolah informasi yang ada, terutama tentang teknologi. Karena tantangan ke depan akan lebih ketat," jelasnya. 

Terkait perilaku/behavior ini ditentukan dengan kecerdasan emosi dan spiritual. Pendidikan karakter juga dibutuhkan dan harus ditanamkan sejak dini. Sebagai Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung, dirinya menjelaskan bahwa salah satu pembentukan pendidikan karakter yang terbaik adalah dengan bergabung menjadi anggota Pramuka. 

Sebelumnya Dekan Fakultas Hukum yang diwakili Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Yokotani dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan diskusi interaktif ini untuk meningkatkan kecerdasan kecantikan dan sikap yang mungkin tidak didapat dalam perkuliahan. 

Dirinya berharap apa yang disampaikan dalam kegiatan ini dapat benar-benar dipahami dan dilaksanakan untuk menunjang akademik.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur