News


Sabtu, 12 November 2022 14:37 WIB

Melati Erzaldi

KaKwarda Babel: 'Pramuka tidak instan, tetapi melatih proses..'

Kakwarda Melati Erzaldi saat berjalan menuju tenda-tenda Perjusami Pangkalan SMANSA Pangkalan Baru

"Ketika kalian merasa harus menciptakan pribadi yang unggul tangguh dan cakap, maka kalian harus terlibat dalam Pramuka,"

Melati Erzaldi
Ketua Kwartir Daerah Kepulauan Bangka Belitung
______

Penulis: Friz
Editor: Nekagusti

PANGKALAN BARU - "Tiga hari ini kalian dilatih untuk menjadi pribadi-pribadi yang mandiri," tegas Kak Melati sampaikan bahwa peserta Perjusami harus menjadikan mereka perserta yang miliki pribadi yang mandiri. 

Membuka Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) SMA Negeri 1 (SMANSA) Pangkalan Baru di Gugus Depan (Gudep) 04-227 dan 04-228 Pangkalan SMA Negeri 1 Pangkalan Baru, Ketua Kwartir Daerah Kepulauan Bangka Belitung Melati Erzaldi juga mengunjungi tenda-tenda perkemahan. 

Dalam kunjungannya ke tiap tenda baik Putra maupun Putri, Kak Melati mengingatkan bahwa kemandirian dapat dipupuk mulai dari kegiatan ini. 

Kak Melati berbincang dengan peserta Perjusami

"Selama ini jika pulang sekolah, tinggal makan masakan ibu di rumah tapi dalam Perjusami ini kalian diajarkan mensiasati untuk mencukupi kebutuhan makan apa saja yang bisa kalian siapkan sendiri," tegasnya. 

Bayangkan, dikatakannya sebagai generasi muda yang nantinya di tengah orang banyak atau persaingan pekerjaan, yang pernah menempuh materi-materi dalam kegiatan Pramuka dan yang tidak mengikuti giat Pramuka akan menujukkan gesture yang berbeda dan karakter yang berbeda. 

 Percaya sama Kakak, Dia akan lebih baik, lebih tangguh dan cakap dalam mensiasati situasi yang dihadapinya,"

-Melati Erzaldi- 

Kam Melati saat mengunjungi tenda-tenda dan melihat langsung ketersediaan makanan yang direncanakan peserta Perjusami

Nikmati setiap proses

Setelah mampir semua tenda-tenda Perjusami, pesannya sama, semakin terbiasa menjalani semakin mudah meraihnya. 

"Kakak sudah liat satu-satu dari tenda putri hingga tenda putra. Kakak cuma berpesan kepada kalian, nikmati semua proses yang kalian alami hari ini," ajaknya. 

Mengurangi sesuatu yang instan, juga disampaikannya untuk memberi motivasi, karena untuk mencapai kesuksesan tidak ada yang instan, maka  wajib menikmati prosesnya. 

"Termasuk mengolah makanan dalam Perjusami ini, jangan ada yang instan. Apalagi memesan makanan online ya, kalau ada yang go food (pesan makanan online) kena denda ya!, " tegasnya. 

Diakhir kunjungannya, Kak Melati juga berpesan kepada siswa-siswi yang belum terlibat menjadi Anggota Pramuka untuk segera melibatkan diri terlebih yang memiliki cita-cita tinggi. Karena, dijelaskannya dalam Gerakan Pramuka terdapat banyak Saka-Saka yang dapat melatih anggota dalam mempersiapkan anggotanya mencapai cita-cita.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur