News


Rabu, 26 Oktober 2022 19:15 WIB

Melati Erzaldi

Alfian, Wakil Indonesia di Special Olympic Internasional Berlin, Melati: Kebanggaan untuk kami

Ketua SOIna Babel, Melati Erzaldi, bersama orang tua dari Alfian/ foto: Babelinsight.id

“Suatu kebanggaan untuk Babel, Alfian bisa berkompetisi sampai tingkat internasional di Berlin nanti mewakili Indonesia, jaga selalu kesehatan jangan lupa selalu berdo’a,”

Melati Erzaldi
Ketua SOIna Bangka Belitung
_____

Penulis: Nekagusti
Editor: Putra Mahen


SOIna Babel Goes Internasional! Harapan yang menjadi nyata, itulah yang ingin disampaikan Ketua SOIna Bangka Belitung, Melati Erzaldi saat mengunjungi rumah salah seorang siswa tuna grahita yang akan mewakili indonesia dalam Special Olympic International cabang olahraga renang di Berlin, Jerman bulan Juni tahun 2023. 

Alfian namanya. Dia anak kedua dari tiga bersaudara, merupakan penyandang disabilitas tuna grahita yang memilki hobi memancing dan bermain sepak bola.  Sebagai Ketua SOIna Babel, Melati langsung berinterkasi dan menanyakan persiapan keberangkatan Alfian nanti. Dirinya dan beberapa anggota SOIna Babel pun bertandang pada hari Selasa, (26/10/2022) 

Hal ini memang membuat mata hati kita menjadi terbuka, bahwa masih banyak anak-anak disabilitas di Bangka Belitung yang perlu difasilitasi, perlu dibimbing dan diberikan ruang untuk mereka berprestasi,” 

- Melati Erzaldi -

Pemuda berumur 19 tahun ini, tentu tidak serta merta terpilih dalam ajang Special Olimpic Internasional, menurut koordinator lomba SOIna, Syukur, dirinya mengatakan bahwa sebelumnya Alfian sudah menjadi juara pada seleksi tingkat provinsi dilakukan pada bulan Maret dan seleksi nasional dilaksanakan di Semarang pada bulan Agustus 2022 lalu. 

Suka air dari kecil

Ayah Alfian, Abdul Rohman yang bekerja sebagai petugas kebersihan di salah satu sekolah dasar ini pun menyambut Melati dan bercerita, bahwa sejak kecil kecintaan Alfian terhadap olahraga renang yang menghantarkannya untuk mengikuti kejuaraan bergengsi ini memang sudah terlihat. 

"Dari kecit memang sudah suka dengan air, sering ku bawa berenang ke laut (dari kecil memang sudah suka dengan air, sering saya bawa berenang ke laut)," ujar sang ayah. 

Melati pun bertanya kepada ibunda Alfian, Yusrini mengenai kabar keberangkatan anaknya. Ia merasa bangga ketika diumumkan bahwa sang putra berhasil untuk mewakili Bangka Belitung, bahkan Indonesia. 

Ingin hadiahkan rumah

Ketua SOIna Babel Melati Erzaldi, saat memberikan dukungan kepada Alfian Atlet renang SOIna Babel yang akan mewakili Indonesia di Berlin/ foto: Babelinsight.id

Harapan pun terungkap dari sang ibunda untuk Alfian yang menurutnya merupakan anak yang penurut, patuh, dan membantu orang tua. Dirinya bercerita bahwa setiap subuh bersama Alfian sang ibu memulung sampah plastik untuk membantu kebutuhan sehari-hari mereka. 

“Setiap jam lima subuh, mak dibantu Alfian ambil botol-botol plastik untuk dijual, semoga kelak Alfian menjadi anak yang sukses, sehat dan bisa menang nanti untuk lomba, dan bisa bantu orang tua,” ujarnya. 

Alfian merasa sangat senang karena dapat mengikuti perlombaan ini hingga tingkat internasional, dirinya pun menargetkan mendapatkan juara pertama dalam kompetisi ini.

Target aku juara 1, kalau juara satu aku mau membelikan rumah untuk ayah ibu,”

- Alfian -

Hal ini diungkapkan Alfian karena keluarga mereka saat ini masih tinggal di rumah kakek dan neneknya. Rumah asal mereka yang berada di daerah Nangka, sering terdampak banjir sehingga harus sering mengungsi. 

Dukungan untuk Alfian

Ketua SOIna Babel, Melati Erzaldi, bersama tim SOIna, dan guru SLB/ foto: Babelinsight.id

Keberangkatan Alfian ke Berlin direncanakan pada bulan Juni nanti, sebelumnya Alfian akan mengikuti TC (training Center) di Bandung selama 1 bulan. Di sana dirinya akan berlatih untuk meningkatkan kemampuan dan skill agar lebih siap untuk menghadapi pertandingan nanti.

Salah seorang guru, SLB Pangkalpinang, tempat di mana Alfian bersekolah dulu mengatakan bahwa, selama menunggu keberangkatan ke Bandung pada bulan Mei nanti, Alfian harus tetap berlatih renang dengan konsisten di sini. Namun masih terkendala dengan biaya dan kebutuhan persiapan. 

Melati tanpa ragu, memberikan kesempatan bagi Alfian untuk tetapi mengikuti les renang, bersama pelatih dan menanggung biaya pelatihan tersebut sampai Alfian berangkat ke Bandung untuk mengikuti TC. Pada kesempatan ini juga digunakan melati untuk memberikan paket bantuan sembako dan santunan untuk kebutuhan Alfian.

“Kebanggan untuk Babel Alfian bisa berlaga di tingkat internasional, insyAllah kebutuhan Alfian untuk mempersiapkan ini, ibu siap membantu," kata Melati Erzaldi.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur