News


Rabu, 26 Oktober 2022 11:54 WIB

Erzaldi Rosman

Jadikan Masjid Ramah bagi Anak

Erzaldi Rosman bersama beberapa pengurus IPHI Babel melaksanakan "Safari Subuh" ke Masjid Miftahul Ulum, Belinyu/foto: babelinsight.id

Peran orang tua maupun pengurus masjid diperlukan untuk membimbing anak-anak untuk mencintai Islam, menjalankan ibadah, terlebih di masjid.
____

Penulis: Fadjroel
Editor: Putra Mahen


ITU diungkap Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman saat menunaikan shalat subuh bersama pengurus IPHI dan jamaah Masjid Miftahul Ulum, Kelurahan Air Asam, Belinyu, Kabupaten Bangka, Rabu (26/10/2022), dalam program "Safari Fajar".

Pesan-pesan disampaikan Gubernur Babel periode 2017-2022 itu untuk mengingatkan kembali bahwa anak-anak menjadi generasi penerus yang wajib dirangkul untuk meramaikan masjid.

"Anak ini dididik karakternya yang islami harus dilakukan sejak dini. Makanya kami akan sangat bangga ketika subuh berjemaah jumlah anak-anak yang ikut (salat) lebih banyak. Begitu juga di waktu-waktu lainnya, magrib terutama," katanya.

Saat ini, peran orang tua maupun pengurus masjid diperlukan untuk membimbing anak-anak untuk mencintai Islam, menjalankan ibadah, terlebih di masjid. Orang tua disebutkan Erzaldi harus menjadi contoh, begitu pula pengurus masjid untuk tidak anti terhadap kehadiran anak-anak dengan alasan demi menjaga ketertiban.

Kepada pengurus, Erzaldi berpesan untuk dapat membuat suasana masjid ramah terhadap anak-anak, sehingga anak-anak senang menunaikan ibadah di masjid/foto: babelinsight.id

Terkadang, kata Erzaldi kita keburu under estimate dulu dengan anak-anak, bahwa kalau kita bawa ke masjid bawaan mereka mau main bersama-sama kawannya.

Mohon maaf, di Makkah sekalipun orang tuanya mengajak anaknya ke masjid untuk piknik, tamasya. Mereka membuat masjid juga sebagai tempat sekolah, dan di halaman anak bermain,"

- Erzaldi Rosman -

Untuk itu, ia berpesan khususnya kepada pengurus masjid untuk dapat menjadikan rumah ibadah sebagai tempat yang ramah terhadap anak-anak. Caranya, menurut Erzaldi dengan mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan yang dapat menarik minat muda/mudi. Oleh karenanya, pengurus Masjid Miftahul Ulum harus kreatif.

Hal ini dilakukan demi membentuk karakter, kebiasaan, etika, dan etos kerja yang baik untuk anak-anak atau generasi muda/foto: babelinsight.id

"Kita harus membiasakan anak-anak untuk cinta dengan masjid. Pengurus harus kreatif dengan kegiatan-kegiatan yang membangkitkan kreativitas, Karena itu akan membentuk karakter, kebiasaan, etika, etos kerja, dan sebagainya. Jangan lupa bahwa masjid merupakan pusat peradaban," kata peraih Satya Lencana Pembangunan 2017-2022 dari Presiden RI itu.

Safari Fajar merupakan salah satu program dari Pengurus Wilayah (PW) IPHI Babel semasa diketuai Erzaldi, sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi bersama para pengurus masjid, sekaligus menyiarkan agama Islam di Bumi Serumpun Sebalai.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur