News


Selasa, 25 Oktober 2022 18:25 WIB

Melati Erzaldi

Melati: Suara Anak Muda Harus Didengar!

Melati Erzaldi bersama Pimpinan dan kru podcast perspektif/ foto: babelinsight

“... melatih pemuda untuk menjadi leader, kita mematik trigger, lalu bangun sama-sama, selebihnya saya berharap anak-anak muda ini yang terus tumbuh untuk membangun Babel dengan potensi-potensi terbaik mereka,"

Melati Erzaldi
Ka. Kwarda Bangka Belitung
___

Penulis: Nekagusti
Editor: Putra Mahen


SUARA anak muda harus didengar! Itulah salah satu hal yang mendasari Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda), sekaligus Ketua Dewan Pembina Gekrafs Bangka Belitung, Melati Erzaldi, untuk hadir dalam Podcast Perspektif di Firma Hukum Jhohan Suwanto dan Asc Law Firm, Selasa (25/10/2022), yang mengangkat ide-ide anak muda.

 Jelang Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022, salah satu topik pembahasan yang menarik bagi Inayah Host Podcast Perspektif, yakni keterlibatan dirinya terhadap peran pemuda di Babel, sesuai kapasitas Melati, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda). 

Melati pun menjelaskan, bahwa peran anak muda memang sangat krusial di berbagai aspek pembangunan bangsa.

Bahkan sejarah terbentuknya NKRI salahsatunya peran dari anak muda di Pandu Pramuka. Sehingga setiap pemuda merupakan penerus bangsa yang sangat potensial untuk bisa berkontribusi secara nyata, lewat tenaga, pemikiran, dan ide-ide kreatif mereka. 

“Saya sangat menginginkan anak- anak muda di Bangka Belitung tak hanya cakap secara akademik, tetapi juga memiliki mental yang keren," harapnya.

Wadah bagi pemuda

Ketua Dewan Pembina Gekrafs Babel Melati Erzaldi saat memberikan perspektifnya tentang pemuda/foto: babelinsight

Energi anak-anak muda yang besar, namun terbatasnya media yang disediakan untuk berkarya menjadi salah satu alasan Melati untuk tergerak membuka wadah bagi para pemuda di Bangka Belitung. Salah satunya dengan komunitas Babel Creathorium yang merupakan wadah bagi para muda untuk dapat menyalurkan energi dan ide-ide mereka 

Tak hanya itu, Inayah pun penasaran bagaimana Melati mau dan mampu untuk tetap membantu anak-anak muda di Bangka Belitung walaupun sang suami sudah purnatugas.  Dengan tegas melati pun menjawab bahwa kebermanfaatan bagi banyak orang tidak boleh dibatasi dengan jabatan yang dipegang, apalagi jika kita ingin meyebarkan suatu kebaikan.

Ketua SOIna (Special Olimpic Indonesia) Babel ini juga dengan semangat menceritakan salah seorang contoh pemuda penyandang disabilitas berprestasi yang akan mengharumkan nama Bangka Belitung di kancah internasional. 

Alfian, salah seorang altet renang SOIna (Special Olimpic Indonesia) Babel yang akan mewakili Indonesia untuk berangkat ke Berlin 2023 dalam Special Olimpic International.

Bahkan, seorang pemuda penyandang disabilititas memiliki potensi yang sangat luar biasa, tugas kita memang menjadi wadah agar eksistensi dan bakat mereka bisa terus berkembang,"

- Melati Erzaldi -

Inayah pun menanyakan tips bagaimana Melati menghadapi hate speech dari netizen dalam media sosialnya. Melatipun menjawab bahwa media sosial merupakan tempat kita untuk mencari inspirasi dan ide-ide kreatif.

Namun jika kita menemukan dan membaca hate speech yang ditujukkan untuk kita, maka salah satu hal yang bisa kita lakukan yakni kita terbuka terhadap kritik, namun kita juga harus sangat mengenal diri sendiri sehingga tidak mudah untuk dijatuhkan oleh komentar-komentar negatif netizen yang sebenarnya tidak mengenal pribadi kita. 

Iklim enterpreneurship Babel

Ketua Dewan Pembina Gekrafs Babel Melati Erzaldi, bersama host Podcast Perspektif, Inayah / foto: babelinsight

Iklim Enterpreneurship yang semakin tinggi di Bangka Belitung juga menjadi salah satu topik pembahasan kali ini. Lagi-lagi Melati mengatakan bahwa salah satu hal yang membuatnya sangat bahagia karena banyaknya anak muda Bangka Belitung yang ingin menjadi wirausahawan muda. 

Melati pun berpesan untuk para pemuda di Babel dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober nanti, bahwa rasa nasionalisme pemuda tidak boleh luntur, tetap berkolaborasi untuk terus menyatukan visi misi demi kemajuan negeri.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur